Apa itu El Nino? Lalu Bagaimana Dampaknya di Indonesia

Apa itu El Nino? Lalu Bagaimana Dampaknya di Indonesia

El Nino adalah salah satu fenomena terkait Suhu Muka Laut (SML) yang terjadi di Samudera Pasifik. Fenomena El Nino ini mampu memicu dampak terhadap cuaca di wilayah yang terdampak. Termasuk wilayah Indonesia yang juga terdampak oleh El Nino.

Lalu apa itu El Nino? Mengutip laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. Singkatnya, El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum.

Baca Juga  Hadapi Dampak El Nino, BULOG Punya 750 ribu Ton Stok Beras

Berdasarkan BMKG, El Nino memiliki dampak yang beragam dalam lingkup skala global. Beberapa negara di kawasan Amerika Latin seperti Peru, saat terjadi El Nino akan berdampak pada meningkatnya curah hujan di wilayah tersebut. Sedangkan di Indonesia secara umum dampak dari El Nino adalah kondisi kering dan berkurangnya curah hujan.

Fenomena El Nino merupakan sistem iklim alami yang membuat suhu permukaan laut lebih hangat dari rata-rata Samudra Pasifik dekat khatulistiwa. El Nino biasanya akan terjadi setiap 2 hingga 7 tahun.

Berikan Komentar mu dibawah ini