Bandeng 18 Kg Menangkan Kontes Bandeng Kawak Gresik 2022

Bandeng 18 Kg Menangkan Kontes Bandeng Kawak Gresik 2022
Para pemenang Kontes Bandeng Kawak Gresik 2022

Gresspedia – Tradisi Kontes dan Lelang Bandeng di Kabupaten Gresik, Jawa Timur digelar kembali dengan meriah pada Kamis, 28/4/2022 malam.

Acara sempat tertunda selama beberapa jam dikarenakan hujan deras mengguyur hampir di wilayah Kabupaten Gresik semalam.

Bandeng seberat 18,04 kg menjadi pemenang kontes bandeng kawak 2022, yang dimenangkan oleh petani tambak Syaifullah Mahdi Warga Sumber Suci Pangkahwetan Gresik.

Bandeng tersebut dipelihara selama bertahun-tahun lamanya mencapai panjang 82 sentimeter. Dan mungkin bandeng budidaya terbesar di dunia saat ini, Juara satu berhak mendapatkan hadiah uang senilai Rp15 juta.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mengapresiasi warganya yang masih mempunyai minat tinggi menjaga tradisi daerah dengan mengikuti kontes bandeng.

Baca Juga  Polres Gresik Maksimalkan Medsos Edukasi Mekanisme Layanan SIM

Semua pemenang kontes bandeng 2022 kali ini akan mendapatkan hadiah tambahan umroh,” ujar Bupati Gresik Gus Yani.

Bandeng 18 Kg Menangkan Kontes Bandeng Kawak Gresik 2022
Foto Bupati Gresik bersama Bandeng Seberat 18,04kg dalam Kontes Bandeng Kawak Gresik 2022

Tradisi ini merupakan turunan dari Sunan Giri yang konon dulu berniat mengembangkan ekonomi setempat, dan melihat potensi wilayah itu memiliki pertambakan luas, lalu dibuatlah tradisi Pasar Bandeng di akhir bulan Ramadhan.

Bandeng juara dua dengan berat 8,7 kilogram dan milik Rozikin asal Ujungpangkah, mendapat hadiah uang senilai Rp10 juta.

Sedangkan juara tiga milik M Sobih Al Muayad asal Mengare, memiliki berat 8,1kg berhak mendapat hadiah Rp5 juta. Dan Juara Harapan adalah H Ali Huda asal tanjung widoro bandeng seberat 5,19kg.

Berikan Komentar Anda