Bawaslu Gresik Bentuk Panwas Desa Untuk Menghadapi Pemilihan Bupati & Wakil Bupati 2020

  • Share
foto: bawaslu kabupaten gresik

Gresik – Setelah jajaran pengawas di 18 kecamatan (Panwascam) terbentuk, kini Bawaslu Kabupaten Gresik bakal membentuk Panitia Pengawas Pemilihan Kelurahan/Desa (Panwas Kel/Desa) dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gresik tahun 2020.

Sesuai tahapannya, tanggal 10 hingga 16 Februari 2020 mulai dilakukan sosialisasi penerimaan berkas. Rentan waktu 6 hari ini, seluruh jajaran pengawas akan melakukan sosialisasi secara massif terkait dengan informasi rekrutmen tersebut.

Sementara pendaftaran dan penerimaan berkas dilaksanakan tanggal 16 hingga 22 Februari 2020. Adapun penerimaan berkas pendaftaran dilakukan di seketariat Panwascam.

Menurut Maslukhin, Koordiv OSDM Bawaslu Gresik, pembukaan pendaftaran ini sesuai dengan instruksi Bawaslu RI untuk segera membentuk jajaran pengawas ad hoc ditingkat kelurahan atau desa. Untuk itu, Bawaslu sudah mengintsruksikan ke Panwascam agar segera menginformasikan ke masyarakat terkait dengan rekrutmen tersebut.

Pembentukan Panwas Kelurahan/Desa ini dilaksanakan dimasing-masing Kecamatan tambahnya dalam rapat kordinasi Bersama Panwascam di Kantor Bawaslu Gresik. Dengan demikian, lanjut pria yang berambut khas ini, semua kegiatan yang berkaitan dengan penerimaan dan tahapan berikutnya dilakukan ditingkat kecamatan.

Sesuai amanat UU demikian, yang membentuk adalah Panwascam Ungkap pria asal Bolo, Ujungpangkah ini. Oleh karena itu, seluruh persyaratan administrasi apa saja bisa dilihat dalam pengumuman tersebut.

Lantaran dilaksanakan ditingkat kecamatan bukan berarti Bawaslu Kab. Gresik tidak memiliki peranan. Sebaliknya, Bawaslu akan senantiasa melakukan kontrol, supervisi dan pendampingan proses tersebut.

Kami ingin proses ini dilaksanakan secara transparan dan berintegritas Tegas Maslukhin. Masih menurut Maslukhin, rekrutmen ini merupakan bagian dari tahapan pembentukan pengawas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gresik 2020.

Ketaatan administrasi, ketepatan waktu dan profesionalitas menjadi prioritas utama Tambahnya. Pungkasnya, ia berharap ada partisipasi masyarakat secara massif ambil bagian dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gresik 2020.

Salah satunya ya, monggo ikut daftar Panwas Desa/Kelurahan Imbuh alumni Pasca Sarjana UIN Surabaya ini.

.

Berikan Komentar Anda
  • Share