BPJS KESEHATAN TERUS SOSIALISASI JKN-KIS DI PULAU BAWEAN

Gresik – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kini telah masuk tahun ke-6, namun hal tersebut tidak membuat BPJS Kesehatan berhenti untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kali ini BPJS Kesehatan Cabang Gresik menyambangi Kecamatan Sangkapura yang ada di Pulau Bawean. Demi sampainya informasi terkini terkait Program JKN-KIS secara menyeluruh ke setiap elemen masyarakat, tim BPJS Kesehatan Cabang Gresik rela menempuh waktu 3 jam perjalanan laut dari Kota Gresik untuk sampai di Pulau Bawean

“Kita ingin seluruh masyarakat di Kabupaten Gresik bisa mendapatkan informasi yang jelas terkait Program JKN-KIS langsung dari sumbernya termasuk disini (Pulau Bawean)”, kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Tanya Rahayu kepada Tim Jamkesnews, Selasa (15/10).

Baca Juga  Tak Ada Dokter Bedah di Bawean Gresik, Bayi Meninggal dalam Kandungan

Mantan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember tersebut juga berharap dengan hadirnya tim dari BPJS Kesehatan Cabang Gresik dapat memberikan solusi permasalahan yang dialami oleh peserta JKN-KIS yang ada di Pulau Bawean. Salah satunya adalah terkait pendaftaran dan pembayaran JKN-KIS, mengingat jarak yang sangat jauh dari Kota Gresik dan masih sedikitnya kanal pembayaran JKN-KIS yang ada di pulau yang juga dijuluki Pulau Putri tersebut.

“Kedepannya kami ingin mendorong agar masyarakat di Pulau Bawean dapat melakukan pendaftaran dan pembayaran melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar lebih memudahkan masyarakat”, tambah Tanya.

Di depan puluhan masyarakat dan pejabat Kecamatan Sangkapura, Tanya juga meminta peran aktif masyarakat untuk dapat melaporkan kendala yang dihadapi oleh masyarakat di lapangan terkait program JKN-KIS.

Baca Juga  Mengenal Rusa Bawean di Gresik, Si Cepat yang Populasinya Makin Terancam

“Kita ingin semuanya dapat merasakan manfaat Program JKN-KIS dengan baik, untuk itu peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk mensukseskan program bersama ini”, tutur Tanya.

Kehadiran Tim BPJS Kesehatan Cabang Gresik di Pulau Bawean sangat di apresiasi oleh masyarakat Pulau Putri tersebut. Salah satunya adalah Bagus Bramudio yang juga merupakan Tenaga Harian Lepas (THL) Kecamatan Sangkapura.

Menurut Bagus kehadiran Tim BPJS Kesehatan Cabang Gresik sangat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat di Pulau Bawean. Berkat hadirnya Tim BPJS Kesehatan Cabang Gresik, dirinya kini telah mendapat informasi yang lengkap terkait program JKN-KIS.

“Kita ini kan tinggal di kepulauan sehingga jauh dari jangkauan. Oleh karena itu kegiatan seperti ini sangat perlu diadakan, karena orang-orang disini masih banyak yang belum mengerti terkait JKN-KIS”, kata Bagus.

Baca Juga  UMKM Perikanan Bawean Berpeluang jadi Eksportir

Pria asli Pulau Bawean tersebut juga telau merasakan sendiri manfaat dari Program JKN-KIS. Menurutnya program JKN-KIS sangat membantu masyarakat.

“Dulu anak saya setelah dilahirkan membutuhkan perawatan lanjutan, dengan menggunakan JKN-KIS biaya perawatan anak saya ditanggung gratis”, tutup Bagus. 

Berikan Komentar Anda
error: Content is protected !!