Femmy Eka Kartika Putri: PAUD HI Penting untuk Siapkan Generasi Emas 2045

Jakarta – Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) menjadi strategi utama dalam pembangunan manusia untuk mewujudkan anak indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia.

Tahap anak usia dini adalah periode penting dalam siklus kehidupan manusia yang harus mendapat perhatian serius dari keluarga, pemerintah dan masyarakat.

“Anak perlu mendapat lingkungan yang merangsang otak dan stimulasi psiko sosial. Hal tersebut bisa didapat dari orang tua atau lingkungan, baik dari kehangatan dan cinta tulus kepada anak usia dini. Kita harus menjamin anak usia dini mendapatkan edukasi dan pengetahuan yang mumpuni,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, Dan Pemuda Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri saat membuka webinar Diseminasi Rencana Aksi Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif dan Nurturing Care Framework di Kantor Kemenko PMK secara virtual, Rabu (03/03/22).

Ditambahkannya, Upaya PAUD HI sudah disusun dalam Strategi Nasional (STRANAS) PAUD HI dan Rencana Aksi Nasional (RAN) PAUD HI tahun 2020-2024 yang telah diluncurkan pada Juni 2021 lalu.  Hal ini diharapkan bisa menjadi panduan untuk meluncurkan RAN PAUD HI di daerah.

“Penyusunan rencana aksi daerah PAUD HI dan implementasinya di lapangan perlu dipercepat, untuk memastikan pandemi tidak menggangu upaya strategis nasional,” tambah Femmy.

Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota diharapkan segera menerbitkan Rencana Aksi Daerah (RAD PAUD HI) yang merupakan upaya pemerintah Pusat dan Daerah untuk meningkatkan SDM unggul, berkualitas, dan berdaya saing yang berkelanjutan sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo.
“Peluncuran RAN PAUD HI ini merupakan momen penting untuk mendorong terwujudnya perubahan layanan anak usia dini yang sinergis dan berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, dengan terlaksananya webinar ini diharapkan kebijakan yang telah dikeluarkan dapat berlangsung secara lebih implementatif.

“Mudah-mudahan kita memperoleh pemahaman yang baik tentang PAUD HI dan RAN PAUD HI dan juga bagaimana menyusun implementasi daerah dan mempercepat penurunan stunting,” tutup Femmy.

Turut hadir dalam webinar, Menko PMK serta Pejabat Eselon 1 dari Setwapres, Bappenas, Kemendagri dan Kemendes PDTT yang juga menjadi narasumber. Dengan diikuti 2000 peserta webinar, baik para Bupati/Walikota serta Bunda Paud seluruh Indonesia, Gugus Tugas Paud HI Kab/Kota, Puspaga, IGTKI, Himpaudi, Kader BKB HI, Kader di Tk. Desa. Webinar juga ditayangkan live di youtube PMK, Unicef dan Tanoto Foundation. (Istimewa)

Berikan Komentar Anda