Gerak Cepat Antisipatif Banjir Susulan dan Korban Jiwa, Kapolres Gresik Terapkan 4 Langkah

  • Share
Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo

Gresspedia Gresik – Banjir di wilayah Gresik selatan telah surut. Meski begitu kondisi curah hujan masih tinggi. Guna mengantisipasi adanya banjir susulan, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo berinisiatif membagikan pelampung gratis.

https://www.facebook.com/gresspedia/videos/2446541149008642/

Selain pelampung, Kapolres juga memberikan kentongan kepada warga. Hal itu bertujuan agar warga tetap siaga bilamana banjir luapan Kali Lamong kembali terjadi.

Pembagian alat siaga banjir ini dipusatkan di Desa Iker-iker Geger, Kecamatan Cerme, Gresik. Tampak aparat TNI dan BPBD ikut serta dalam kegiatan ini.

“Ada empat hal yang ingin kita terapkan dalam tanggap bencana banjir. Yakni langkah penyelamatan warga yang tidak bisa berenang dengan memberikan pelampung dari ban dalam mobil. Kedua kentongan sebagai tanda bahaya apabila air meluap pada malam hari,” ujar Kapolres AKBP Kusworo Wibowo, pada Minggu (5/1/2020).

Yang ketiga, lanjut Kusworo, pemasangan papan penanda evakuasi yang ditancapkan di tepi jalan yang berbatasan dengan sungai. Dengan tujuan ketika dilakukan evakuasi warga bisa mengetahui posisi antara jalan dan parit atau sungai.

“Dan yang terakhir kita siapkan tali tambang yang dibentangkan di sepanjang jalan, agar dijadikan pegangan bilamana kondisi arus air deras. Semua itu kita lakukan untuk keselamatan warga dan meminimalisir jatuhnya korban jiwa,” ungkapnya.

Kepala Desa Iker-iker Geger Kristono mengaku berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kapolres Gresik. Baik berupa sosialisasi tanggap bencana maupun pembagian alat siaga banjir.

“Paling tidak keselamatan warga yang kita utamakan. Bagi kami bantuan ini sangat bermanfaat,” katanya.

Berikan Komentar Anda

  • Share