Gus Yani Tinjau Banjir Luapan Kali Lamong di Benjeng Gresik

Gus Yani Tinjau Banjir Luapan Kali Lamong di Benjeng Gresik

Gresik – Curah hujan yang cukup tinggi kembali membuat kali Lamong meluap. Akibatnya sekitar 200 rumah warga di Desa Munggugianti, Kecamatan Benjeng, Gresik kembali terendam banjir sejak Kamis malam.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Suyono, Kepala Dinas PUTR Achmad Hadi, Kepala Dinas Sosial dr. Ummi Khoiroh, Kepala Dinas Satpol PP Suprapto terjun langsung meninjau lokasi banjir, Jumat (11/2/2022).

Selain melihat langsung kondisi banjir, Gus Yani juga menyapa dan memastikan kondisi warga terdampak dalam kondisi aman dan sehat. Bupati menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik untuk tetap siaga apabila kawasan terdampak banjir meluas.

Baca Juga  Gelora Joko Samudro Gresik Disiapkan untuk Karantina Pekerja Migran

“Saya ingin melihat langsung dan memastikan warga yang terdampak tidak ada yang sakit. Kemudian posko siaga banjir juga telah kami siapkan melalui Dinas Sosial dan BPBD yang kita pusatkan di Balai Desa Munggugianti untuk siaga,” ungkap Gus Yani.

Dirinya menambahkan, banjir yang melanda wilayah Gresik yang dilalui aliran Kali Lamong memang selalu terjadi setiap tahun. Namun pihaknya terus membantu mengerahkan segala upaya yang bisa dilakukan untuk menangani banjir tahunan ini, termasuk diantaranya adalah melakukan upaya normalisasi yang sudah dilakukan di Morowudi dan sekitarnya.

“Memang kondisi seperti saat ini selalu terjadi setiap tahun. Namun kita terus mencari solusi-solusi terbaik. Normalisasi di Morowudi misalnya, sudah kita lakukan. Sebab normalisasi juga berdampak sangat penting ketika curah hujan cukup tinggi,” kata Gus Yani.

Baca Juga  Modus Pesan Makan, Maling Motor Kepergok Pemilik Warung di Gresik

Kemudian, lanjut Gus Yani, kedepan pihaknya juga akan segera melakukan perbaikan pada saluran air dengan menggunakan box culvert.

“Secepatnya kita perbaiki saluran air dengan menggunakan box culvert. Kita mulai dari depan kantor PLN, kantor Kecamatan Benjeng, Kantor Koramil, Pasar benjeng hingga ke Puskesmas Benjeng dan sekitarnya,” lanjutnya.

Berikan Komentar Anda