Ini 15 Obat Herbal Cina Legendaris

  • Bagikan

Sejak dulu, khasiat obat-obatan tradisional tionghoa atau yang lebih dikenal dengan obat cina sudah dipercaya dan digunakan oleh orang tua, serta diwariskan secara turun temurun sebagai resep pengobatan keluarga. Obat herbal cina yang umumnya terbuat dari bahan-bahan herbal alami dan hewani, diyakini jauh lebih aman untuk dikonsumsi daripada obat-obatan kimiawi yang lebih banyak memberikan efek samping pada tubuh. Terlebih jika digunakan dalam jangka panjang.

Masyarakat Indonesia sendiri masih percaya pada khasiat obat herbal. Hal ini bisa dilihat dari masih banyaknya tukang jamu keliling, berbagai pengobatan alternatif tradisional (akupuntur), atau berbagai produk obat herbal cina yang beredar di pasaran.

Maraknya pengobatan tradisional China saat ini semakin berkembang pesat hingga membuat beberapa rumah sakit memutuskan untuk mengkombinasikan dengan teknologi kedokteran ala barat.

Fakta Obat Herbal Cina

harga obat cina

Obat-obatan herbal dibuat dari tumbuh-tumbuhan atau kombinasi dari ekstrak tumbuh-tumbuhan untuk mengobati penyakit atau menjaga kesehatan. Biasanya obat herbal dibuat dari bunga, daun,batang, akar, bahkan bijinya. Tak jarang, obat herbal juga memanfaatkan bahan-bahan hewani yang aman untuk tubuh. Kemudian bahan-bahan tersebut di proses dan dikemas dalam bentuk kapsul, tablet, salep, minyak, atau minuman berbentuk teh.

Obat-obatan herbal merupakan salah satu jenis dari ragam pengobatan yang terkenal dari Negeri tirai bambu selain akupuntur.

Baca Juga  Mari Mengenal Sunduken, Nyeri Perut yang Terjadi saat Olahraga

Berikut adalah beberapa produk obat cina legendaris yang banyak dicari orang. Simak penjelasannya!

Berikut adalah berbagai obat herbal asal Cina yang bisa Anda coba:

1. Lo Han Kuo, mengatasi panas dalam serta memelihara kesehatan paru-paru

jual lo han kuo

Lo Han Kuo merupakan salah satu produk obat tradisional yang sampai saat ini masih banyak dicari orang untuk mengganti beragam gangguan pada saluran pernapasan. Terbuat dari sari buah lo han kuo yang dipadukan dengan cane sugar sehingga menghasilkan minuman sehat yang menyegarkan, menyejukan serta enak rasanya. Obat cina Lo Han Kuo berkhasiat mengatasi panas dalam, sariawan, meredakan batuk, sakit/ radang tenggorokan, membantu menghilangkan dahak, hingga menguatkan paru-paru. Cara menggunakannya pun mudah, Anda hanya perlu menyeduh 1 bungkus Lo Han Kuo dengan air panas.

Nama buah Lo Han Kuo mungkin terdengar asing, namun sebenarnya buah ini telah lama dikonsumsi selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional China. Buah yang berasal dari pegunungan China Selatan, dan dipercaya dapat membuat panjang umur. Sehingga tidak heran jika buah ini dikenal dengan buah ‘panjang umur’.


Kandungan Buah Lo Han Kuo ini memiliki tingkat kemanisan 300 kali lebih manis dari pada gula, tetapi tidak mengandung kalori, sehingga buah ini sangat baik untuk mengobati diabetes dan obesitas. Namun, perlu diperhatikan untuk Lo Han Kuo Infusion sendiri ada kandungan tambahan Cane Sugar (gula tebu) yang tidak baik bagi penderita diabetes.

Baca Juga  Hanya Rutin Minum Madu dan Air Hangat Tiap Pagi, Tubuhmu Bisa Merasakan 5 Manfaat Tak Terduga Ini

Luo Han Kuo mengandung vitamin C, salah satu nutri penting bagi imunitas tubuh. Memiliki sifat antioxidant yang sangat baik untuk melawan kanker dan membuang racun dalam tubuh melawan virus penyebab herpes dan meningkatkan daya tahan tubuh. Minuman ini dapat disajikan dingin maupun panas.

2. Pien Tze Huang, si rajanya obat cina

Pianzihuang atau Pien Tze Huang dalam bahasa Mandarin kira-kira berarti “Hanya dengan satu tablet dapat menyembuhkan peradangan”. Obat antibiotik ini sering dijuluki” raja obat” dan dicari banyak orang karena keampuhannya memelihara fungsi hati, dan mengatasi beberapa penyakit yang berhubungan dengan infeksi atau peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka operasi. Oleh karena itu obat ini telah menjadi pilihan utama bagi para pasien setelah menjalani operasi, baik besar maupun kecil.

Obat China Pien Tze Huang merupakan ramuan tradisional China yang diturunkan secara turun temurun dan sangat dijaga kerahasiaannya. Adapun khasiat lain dari obat Pien Tze Huang yang dapat Anda manfaatkan, antara lain:

  • Membantu mempercepat penyembuhan akibat luka benda tajam dan luka dalam lainnya.
  • Mengobati hepatitis virus akut
  • Membantu melancarkan peredaran darah dan menghancurkan darah statis
  • Meredakan batuk berdahak, radang tenggorokan, sariawan, dll.
  • Melawan infeksi akibat bakteri.
Baca Juga  Mengenal Perbedaan Antiseptik dan Desinfektan


Terbuat dari bahan hewani yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh seperti batu empedu sapi (Niu Huan), kantung sekresi kijang (Mochus), dan empedu ular.

Pien tze huag dapat disajikan dengan cara ditumbuk atau di blender hingga menjadi bubuk halus. Kemudian di masukan ke dalam 5-6 kapsul kosong sehingga lebih mudah untuk diminum.

3. Yunnan Baiyao, obat pertolongan pertama pada pendarahan

Yunnan Baiyao dikenal sebagai obat pertolongan pertama akibat pendarahan. Obat herbal ini telah dikenal luas dan banyak digunakan di Asia selama bertahun- tahun. Khasiat Yunnan Baiyao yang paling utama bagus untuk mengobati segala jenis luka luar, menghilangkan nyeri, bengkak, memar, mengobati patah tulang yang diakibatkan luka jatuh atau terpukul, serta menghentikan pendarahan.

Asal kemunculan produk Yunnan Baiyao pertama kali ditemukan oleh Dr. Qu Huangzahang di Yunnan, China. Obat ini menjadi sangat terkenal semenjak dipakai pada Perang Dunia ke-2 ketika Jepang menginvasi China.

Yunnan Baiyao diproduksi oleh Yunnan Baiyao Group, yang merupakan salah satu perusahaan farmasi terkemuka dan telah diakui eksistensinya. Merek dagang Yunnan Baiyao diakui sebagai salah satu merek dagang yang telah diakui secara global.

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan