Kenali Barang-Barang di Sekitar Kita yang Mengandung Limbah B3

  • Share
Ilustrasi bahan kimia berbahaya (Gloria Samantha)

Tak hanya kegiatan industri, kegiatan rumah tangga juga dapat menghasilkan limbah B3 dengan menggunakan benda-benda tertentu. Seperti yang diketahui, limbah B3 adalah akronim dari bahan beracun dan berbahaya. Bisa dikatakan bahwa limbah yang mengandung zat beracun dan berbahaya. yang tentunya dapat merusak lingkungan serta kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia. 

Jika kita melihat dari Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, limbah bahan berbahaya dan beracun (limbah B3) adalah zat, energi dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan, merusak lingkungan hidup, dan/atau dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya.

Biasanya limbah B3 ini dihasilkan dari kegiatan industri. Namun sebenarnya itu juga ada di sekitar kita. Tidak sedikit kegiatan atau benda di sekitar kita yang menghasilkan limbah B3 ini. Mari kita simak:

1. Batu baterai bekas

Kandungan logam berat seperti merkuri, mangan, timbal, kadmium, nikel dan lithium yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia menjadikan batu baterai salah satu limbah B3.

Batu baterai bekas yang termasuk dalam limbah B3 ialah yang berukuran AA, AAA, C&D, baterai jam tangan, baterai lithium yang digunakan dalam telepon genggam, kamera digital, laptop serta barang elektronik lainnya, dan baterai yang dicas.

Sampah batu baterai disarankan untuk tidak dibuang di tempat pembuangan sampah umum karena akan mencemari tanah, air tanah, danau dan sungai.

2. Pestisida

Pestisida merupakan pembasmi hama yang mengandung limbah B3 karena terdiri dari bahan kimia berbahaya seperti karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, fosfor, klorin, sulfur, ferum, cuprum, merkuri, zinc dan arsenik. Bahan-bahan tersebut akan mencemari udara jika cairannya terbawa angin.

Berikan Komentar Anda
  • Share