Kerja Bakti Massal Lingkungan, Jelang HUT RI Ke-76

Gresik – Suasana menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 sudah terasa. Jalanan di wilayah Kec. Kedamean maupun pedesaan sudah dipasangi umbul-umbul dan bendera merah putih.

Dari pantauan awak media Suaraindonesianews.com, dalam kegiatan kerja bakti menyambut HUT RI Ke-76 dimasa pandemi virus Covid-19 yang belum berakhir warga serempak bersemangat kerja bakti membersihkan lingkungan desanya masing-masing dengan harapan memberikan dampak baik bagi kesehatan masyarakat lingkungan.

Terlihat di sepanjang Dusun Miru Desa Banyuurip Kec. Kedamean, sudah banyak pernak-pernik hiasan seperti umbul-umbul, bendera merah putih bahkan lampu hias pun sudah dipasang di sepanjang jalan tersebut.

Hampir semua masyarakat di Desa Banyuurip menghiasi lingkungan tempat tinggalnya dengan berbagai hiasan, menyambut HUT RI ke-76. 

Baca Juga  Bentuk Kepedulian Polri, Kapolres Gresik Kunjungi dan Berikan Bantuan Dua Janda Lansia

Saudara Ahmad Sofwan Hadi selaku perangkat Desa (Kasun) setempat mengatakan, sudah menjadi tradisi setiap satu tahun sekali menjelang hari kemerdekaan di wilayah Desa Banyuurip selalu berlomba-lomba untuk mempercantik lingkungan.

“Udah biasa menjelang HUT RI, di wilayah Desa Banyuurip selalu membuat lingkungan menjadi lebih indah dengan memasang umbul-umbul, bendera merah putih dan hiasan dengan pernak-pernik lainnya,” ucap Ahmad Sofwan Hadi kepada media, Minggu (8/8/2021).

Menurutnya, hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada para pahlawan yang tengah berjuang dalam merebut kemerdekaan. “Ya kita mah, hanya bisa memperingatinya, kami akan selalu merayakan dan mengenang jasa-jasa pahlawan,” paparnya.

Sementara itu, salah satu warga Dusun Miru Desa Banyuurip mengaku, dengan membuat lingkungan hidup menjadi lebih indah dan mengenang jasa pahlawan dalam memperingati HUT RI memasang pernak-pernak kemerdakaan dapat mempersatukan para masyarakat. “Soalnya, kita jadi kompak dan solid, sebab kita gotong royong membuat lingkungan dihaiasi dengan bendera merah putih, umbul-umbul dan lampu hias,” ujarnya.

Baca Juga  𝗜𝗻𝗳𝗼 𝗦𝗶𝘁𝘂𝗮𝘀𝗶 𝗖𝗼𝘃𝗶𝗱-𝟭𝟵 𝗚𝗿𝗲𝘀𝗶𝗸 Selasa 7 April 2020

Disisi lain Kepala Desa Banyuurip Khoirul Muis mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI yang ke-76.

“Alhamdulilah, semangat warga Desa Banyuurip dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia begitu tinggi. Walaupun dalam kondisi massa pandemi belum berakhir dan PPKM darurat level 4 diperpanjang, tidak menyurutkan semangat kegotong-royong di masyarakat,” ucap Khoirul Muis, Minggu (8/8/2021).

Masih Khoirul Muis berharap terlihat suasana baru dan rapih. “Ini adalah salah satu bentuk menyemarakan HUT RI Ke-76 yang akan jatuh pada tanggal 17 Agustus 2021 dengan harapan semoga pandemi ini sudah berakhir,” pungkas Kepala Desa Banyuurip.

Berikan Komentar Anda