Momen Pak RT Diarak Oleh Warga RT 5 Di Kelurahan Karang Turi Gresik

Momen Pak RT Diarak Oleh Warga RT 5 Di Kelurahan Karang Turi Gresik

Gresspedia – Dalam suatu wilayah, terdapat suatu kepengurusan yang berfungsi untuk mengatur tatanan pemerintahan. Adapun Rukun Tetangga (RT) merupakan unit terkecil dalam system pemerintahan di Indonesia yang merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat.

Sebagai pelaku pemerintahan, RT berhubungan langsung dengan masyarakat akar rumput, sehingga segala keluh kesah masyarakat ditingkat bawah dapat diketahui dari peran ketua RT tersebut.

Kali ini Pemilihan Ketua RT (Rukun Tetangga) di salah satu Kampung Kelurahan Karang Turi di Kota Gresik, berlangsung secara door to door.

Arif mengungkapkan, pemilihan ketua RT 5 RW 1 dimulai dari pagi hingga siang hari. Kemudian perhitungan suara dilakukan Sore hari, Minggu 18 September 2022.

Baca Juga  Penampilan Komunitas Anak Gresik Bikin Wabup Kagum Pada Puncak HAN 2022

“Dengan cara door to door kami selaku panitia pelaksana pemilihan Ketua RT 5 RW 1 Kelurahan Karang Turi berharap berharap agar partisipasi aktif masyarakat bisa tinggi, sehingga setiap warga bisa merasakan langsung pesta demokrasi diwilayahnya,” kata Ketua Pelaksana, Arif.

Panitia yang berasal dari para pemuda karang taruna setempat mendesain pemilihan berbeda dari pemilihan RT yang sebelum-sebelumnya, serta supaya warga di lingkungan RT setempat dapat berpartisipasi langsung dalam menentukan calon pemimpin di lingkungannya.

Momen Pak RT Diarak Oleh Warga RT 5 Di Kelurahan Karang Turi Gresik

Tercatat ada 7 calon yang memperebutkan jabatan Ketua RT 05/01 Periode 2022-2027, diantaranya Calon Urut Nomor 1 M Imron, nomor 2 Agus J, nomor 3 Arifin, nomor 4 Jhony, nomor 5 Fauzy, nomor 6 Luthfi dan nomor 7 Yahya.

Baca Juga  Kapolres Gresik Pimpin Pengamanan Pengesahan Cawar Baru PSHT

Diantara tujuh kandidat tersebut, pemenang dari pemungutan suara di raih oleh Yahya dengan perolehan 57 suara dari total 159 warga yang memilih.

Alhasil, pemilihan Ketua RT disambut antusias oleh seluruh lapisan masyarakat karang turi RT01 RW05.

Yang menarik perhatian adalah Ketua RT terpilih yakni Cak Yahya setelah penghitungan suara langsung diarak oleh warga sekitar untuk keliling kampung.

Oleh panitia dan warga antusias mengantar Pak RT yang baru menggunakan gerobak yang di hias dadakan dengan menggunakan payung serta boneka besar dan bendera merah putih.