Nelayan di Gresik Menerima Vaksin Covid-19 Diatas Perahu

  • Bagikan
Nelayan di Gresik Menerima Vaksin Covid-19 Diatas Perahu

Gresik – Capaian 70 persen target vaksinasi di wilayah Kecamatan Manyar, tidak lantas menghentikan langkah Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno. Bersama instansi terkait terus melakukan pemberian dosis vaksin kepada masyarakat yang belum tersentuh.

Menyasar masyarakat nelayan, yang kesehariannya mengais rezeki di perairan Bengawan Kalimireng termasuk Dusun Kuti, Desa Leran.

Petugas Vaksinator dari Puskesmas Manyar bersama Bhabinkamtibmas Polsek Manyar dan Babinsa Koramil 0817/06 Manyar, rela berjalan kaki dibawah terik matahari menyusuri jalan setapak area tambak (galengan) menuju dermaga nelayan, Jumat (15/10/2021).

Bahkan mereka seakan tak kenal lelah, memanggul paket sembako menggunakan bilah bambu diatas pundak untuk mencapai tempat tujuan. Menempuh jarak 1 km, langkah kaki TNI-POLRI dan Nakes ini demi memberi dosis vaksin di tepi Bengawan Kalimireng.

Sunardi, 57, nelayan asal Dusun Kedung, Desa Leran mengaku kaget. Dipanggil Polisi dan Tentara berpakaian dinas sembari melambaikan tangan, ketika ia sedang menangkap ikan ditengah Bengawan Kalimireng menggunakan perahu kayu.

Baca Juga  Pendiri Google: Silicon Valley Bisa Kalah dari China

Belum mendapat ikan yang diharapkan, jaring dari dalam air pun ditariknya. Ia bergegas menepi ketempat petugas, beberapa nelayan lainnya yang tengah mencari ikan pun turut menepi.

Kemudian vaksinator menanyakan apakah sudah divaksin. Sunardi menjawab belum dan berharap bisa menerima dosis vaksin agar terhindar dari corona.

Menjalani skrining dan dinyatakan bisa menerima vaksin Covid-19. Diatas perahu kayu berukuran panjang 9 meter dan lebar 2,5 meter itu, Sunardi dan beberapa nelayan lainnya menerima dosis vaksin Covid-19 pada lengan sebelah kiri.

“Alhamdulillah akhirnya saya bisa divaksin.” ucapnya bersyukur.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas juga Babinsa. Pasalnya, selain menerima vaksin secara gratis, ia juga diberi paket sembako berisikan 2 kilogram beras, minyak goreng satu liter, gula pasir satu kilogram, teh celup dan biskuit.

Baca Juga  Update Covid-19 Gresik hari ini 8 Juli 2020

“Sekali lagi terima kasih Pak, sembako ini bermanfaat bagi keluarga kami. Untuk mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari.” imbuhnya sembari membopong tas sembako berwarna merah dan menunjukkan kartu vaksin.

Senada, Kepala Desa Leran H Abdul Manan mengapresiasi kegiatan vaksinasi diatas perahu nelayan tersebut.

“Atas nama pemerintahan Desa Leran kami mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Manyar, Puskesmas Manyar, Koramil Manyar dan Kecamatan Manyar. Atas pemberian dosis vaksin dan paket sembako kepada nelayan.” katanya.

Sementara Nurhadi ketua rukun nelayan kalimireng sejahtera membeberkan, jumlah nelayan yang tergabung dalam paguyuban sebanyak 160 orang. Mayoritas nelayan telah menerima vaksin Covid-19. Adapun yang belum divaksin karena alasan kesibukan dan kesehatan.

Baca Juga  Jangan Salah Arti, Ini Bedanya Jaringan 5G dengan WiFi 5G

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu mengatakan, berkoordinasi dengan Puskesmas Manyar, Koramil Manyar juga Pemerintahan Desa Leran dan rukun nelayan kalimireng sejahtera.

“Disamping melakukan vaksinasi juga membagikan sembako. Masih banyak nelayan yang belum tersentuh vaksin.” terang Windu.

Mantan Kasat Samapta Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya itu menyebut jemput bola. Mendatangi para nelayan di Kalimireng Desa Leran untuk memberikan dosis vaksin.

“Vaksin yang diberikan adalah jenis Sinovac dosis pertama. Ada 10 nelayan yang bisa disuntik vaksin. Namun ada beberapa yang belum bisa lantaran tensi darahnya masih cukup tinggi.” pungkasnya.

Windu juga mengimbau, meskipun sudah menerima vaksinasi masyarakat tetap diminta mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan