Pastikan Jaminan Keamanan dan Pelaksanaan Prokes, Kapolresta Tangerang Pimpin Tim Pendekar Raksa Amankan Pilkades PAW di 2 Desa

  • Share

Gresspedia.id, Tangerang-Banten – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, S.H., S.I.K., M.Si., memimpin Tim Pendekar Raksa dalam kegiatan Pengamanan Pemungutan Suara dalam rangka Pemilihan Kepala desa Antar Waktu (PAW) di 2 Desa yakni Desa Daru, Kecamatan Jambe dan Desa Bitung Jaya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Minggu (30/5/2021).

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, S.H., S.I.K. M.Si., menerangkan, pelaksanakan Pemilihan Kepala Desa kali ini memiliki perbedaan lantaran dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19.

“Selain memastikan jaminan keamanan, kegiatan ini juga untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik,” kata Kombes Pol Wahyu.

Dikatakan Kombes Pol Wahyu, pemilihan kepala desa PAW berbeda dengan pemilihan kepala desa pada umumnya. Kata Wahyu, bila pada pemilihan kepala desa pada umumnya semua warga memiliki hak pilih (one man one vote). Sedangkan dalam pemilihan kepala desa PAW, akan ditunjuk perwakilan dari masing-masing RT yang terdiri dari perwakilan masyarakat.

“Hal ini sesuai Permendagri Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa Pasal 47D dan Peraturan Bupati Tangerang Nomor 18 Tahun 2021,” terang Kombes Pol Wahyu.

Kombes Pol Wahyu menyampaikan, pemilihan kepala desa PAW Desa Daru diikuti 3 calon. Sedangkan jumlah pemilih sebanyak 221 orang. Sedangkan pemilihan kepala desa PAW Desa Bitung Jaya diikuti 3 calon dengan jumlah pemilih sebanyak 230 orang. Hal itu, lanjut Kombes Pol Wahyu, memungkinkan pemilihan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, guna memastikan tidak ada kerumunan, proses penghitungan suara juga bisa disaksikan melalui kanal media sosial. Dengan demikian, masyarakat yang ingin tahu hasil pemilihan tidak perlu datang ke lokasi penghitungan.

“Tetap di rumah dan menyaksikan proses penghitungan melalui media sosial,” terang Kombes Pol Wahyu.

Kombes Pol Wahyu menjelaskan, dalam kegiatan pengamanan Pemilihan Kepala Desa PAW Desa Daru diterjunkan 125 personel gabungan Polresta Tangerang dan Polsek Tigaraksa. 13 personel Koramil Tigaraksa. 10 personel Satpol PP Kecamatan Jambe. Dan 5 petugas medis.

Sementara untuk Pemilihan Kepala Desa PAW Desa Bitung Jaya, dilibatkan 4 personel Ditintelkam Polda Banten, 59 personel gabungan Polresta Tangerang dan Polsek Cikupa. 15 personel Koramil Cikupa. Dan 10 petugas Satpol PP Kecamatan Cikupa.

Jumlah personel pengamanan itu kemudian di-back up Tim Pendekar Raksa yang terdiri dari 20 personel Satuan Reserse Kriminal, 20 personel Satuan Sabhara, 3 personel Satuan Lalu Lintas, dan pejabat utama Polresta Tangerang.

“Alhamdulillah pelaksanakan pemungutan suara dan penghitungan suara berjalan aman dan lancar. Serta dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (Abii)

Berikan Komentar Anda
  • Share