Peringati HAB ke 76, Bupati Gresik Bacakan Pidato Menteri Agama

Peringati HAB ke 76, Bupati Gresik Bacakan Pidato Menteri Agama

Gresik – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik menggelar Upacara dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-76 tingkat Kabupaten Gresik di Halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Gresik, Senin (3/01/22).

Kegiatan yang berlangsung sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini dihadiri Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, Kepala Kemenag Gresik, Markus, Forkopimda Kabupaten Gresik, Kepala OPD Pemkab Gresik dan Jajaran ASN Kemenag Gresik.

Bupati Gresik membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, bahwa tema HAB Ke-76 tahun ini yaitu Transformasi Layanan Umat.

Lebih lanjut Gus Yani membacakan isi sambutan Menteri Agama RI, mengatakan, Pada hari ini, Senin, tanggal 3 Januari 2022, keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama dengan penuh rasa syukur dan suka cita.

Baca Juga  Penutupan Kawasan "Physical Distancing" Di Jl. Siti Fatimah Binti Maimun Gresik Oleh Polres Gresik
Peringati HAB ke 76, Bupati Gresik Bacakan Pidato Menteri Agama

Sebab, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Pada setiap Hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai KICK OFF pelaksanaan
program/kegiatan tahun berjalan.

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

Baca Juga  Kawasan Tertib Physical Distancing Gresik di Simpang 4 Kig

Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya. Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Berikan Komentar Anda