Puncak Acara Haul ke-125 KH Muhammad Sholeh Tsani Bungah Gresik

 

Puncak acara Haul ke-125 KH Muhammad Sholeh Tsani pemangku ke-4 Pondok Pesantren (Ponpes) Qomaruddin Bungah dihadiri ribuan jemaah dari berbagai pelosok Indonesia. Berbeda dengan tahun sebelumnya, rangkain dan puncak Haul kali ini dipusatkan di lapangan SMA Assa’adah Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah, Kamis (7/12/2023).

Rangkaian peringatan Haul dimulai sejak Rabu (6/12) yang diisi dengan Tadarus Al Qur’an bil Ghoib dilanjutkan Lailatul Qiro’ah yang dihadiri Qori’ Internasional ustadz Muhammad Reza Maulana. Agenda lainnya Kamis (7/12) diisi dengan Silatnas Qomaruddin dan tahlil hingga Mauidhoh oleh KH. Reza Ahmad Zahid asal Lirboyo Kediri.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang menghadiri kegiatan tersebut dalam sambutannya menyampaikan, tradisi haul KH. Muhammad Sholeh Tsani yang diperingati setiap tahun menjadi event yang selalu menjadi daya tarik lain dari Desa Bungah.

“Iki riyoyone wong Deso Bungah (ini hari raya nya orang Desa Bungah). Warga Desa Bungah melakukan open house, di mana sanak saudara dan handai taulan mengunjungi rumah-rumah warga di Desa Bungah, “katanya.

Baca Juga  Pastikan Keamanan Logistik KPU, Personil Polres Gresik Lakukan Patroli Rutin

Dikatakan, secara singkat dari jalur ibu KH. Muhammad Sholeh Tsani merupakan cicit dari Kiai Qomaruddin pemangku pertama Pondok Pesantren Qomaruddin. Dari jalur ayah KH. Sholeh Tsani bersambung pada Mbah Sabil Menakanggrung Bojonegoro.

“Seiring berjalannya waktu Pondok Pesantren Qomaruddin semakin besar dengan mendirikan berbagai level pendidikan. Mulai dari PAUD, TK, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi yaitu Universitas Qomaruddin, “terangnya.

Dirinya berharap, kepada generasi muda yang ada di Kabupaten Gresik harus punya kualitas SDM yang handal untuk menjawab tantangan kedepan di era industrialisasi dan digitalisasi yang semakin modern seperti saat ini. Semasa hidupnya KH Muhammad Sholeh Tsani telah banyak berkontribusi dalam bidang pendidikan.

Baca Juga  Jumat Curhat, Polres Gresik akan tingkatkan Patroli Balap Liar

“Berkat metode pembelajaran beliau (Mbah Sholeh Tsani). Pondok Pesantren Qomaruddin dapat mendirikan sekolah formal, “ucap Gus Yani sapaan akrab bupati.

Menurut Gus Yani, haul merupakan sebuah bentuk mengenang jasa orang yang telah wafat. Menurutnya, hanya beberapa orang saja yang dapat memberikan dampak positif setelah mereka berpulang. Salah satunya adalah para kiai.

“Salah satu dampak positif selain spiritual yaitu adanya putaran ekonomi. Karena banyak penjual berdatangan dari dalam dan luar Desa Bungah, “pungkasnya.

Sebelumnya, mewakili Gubernur Jawa Timur staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Hendri Gunawan mengucapkan permohonan maaf karena Ibu Gubernur Jatim tidak bisa menghadiri Haul ke-125 KH. Muhammad Sholeh Tsani karena ada sesuatu hal yang tidak bisa ditinggalkan.

“Atas nama Ibu Gubernur Jatim, saya mengucapkan terima kasih kepada pemangku, pengasuh dan pengurus Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah yang selama ini sudah mencetak generasi muda/penerus yang berkualitas, “singkatnya.

Baca Juga  Polres Gresik Ringkus Penjambret yang Tewaskan Korban Wanita

Rangkaian kegiatan haul ditutup dengan Shalawat Hadrah pada Kamis (7/12) malam dimulai pukul 19.00 WIB dihadiri oleh ISHARI baik dari Gresik maupun luar Gresik.

Turut mendampingi bupati, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah sekaligus anak salah satu Muassis Pondok Pesantren Qomaruddin di Haul Bungah adalah KH. Ahmad Muhammad Alhamad.

Hadir pula, Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, Asisten dan Kepala OPD lingkup Pemkab Gresik, Pemangku Pondok Pesantren Qomaruddin KH. Alaudin, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin (YPPQ) Bungah KH. Nawawi Sholeh, Santriawan/Santriwati dan alumni Pondok Pesantren Qomaruddin.