Sakit Seusai Vaksin, Belum Pasti KIPI, Diagnosa Awal Mengarah ke TB

Sakit Seusai Vaksin, Belum Pasti KIPI, Diagnosa Awal Mengarah ke TB

Berita Gresik – Tersiar kabar ada mahasiswi asal Bawean bernama Raudhatul Jannah, disebut mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Kabar itupun langsung direspons cepat. Jumat (10/9), Direktur RSUD Umar Mas’ud Bawean dr Tony S. Hartanto mendatangi rumah perempuan berusia 23 tahun itu. Yakni, di Dusun Gunung Laok, Desa Daun, Kecamatan Sangkapura.

Saat dikunjungi, mahasiswa Universitas Gresik itu tengah terbaring di tempat tidur. Tubuhnya tampak mengalami penurunan berat badan. ‘’Kami masih melakukan pemeriksaan. Terutama untuk uji laboratorium,’’ ujar Tony dihubungi melalui sambungan telepon.

Sejumlah pemeriksaan akan dilakukan terhadap mahasiswi semester akhir tersebut. Termasuk foto rontgen. Jika melihat diagnosa awal, kata Tony, kondisi yang dialami Jannah mengarah ke tuberkolosis (TB). Namun, untuk memastikan secara medis perlu dilakukan sejumlah tindakan. Apakah bakal dirujuk ke Gresik? “Sejauh ini, belum ada rencana,” imbuhnya.

Baca Juga  Sesosok Mayat Pria Telah Mengering, Ditemukan Dekat Tugu Gapuro Bunder Gresik

Tony menjelaskan, Jannah melaksanakan vaksinasi dosis pertama pada Februari 2021. Lalu, Maret untuk dosis kedua. Nah, April lalu, Jannah sempat hendak ke rumah sakit karena merasakan gejala-gejala pada tubuhnya. Namun, yang bersangkutan khawatir apabila dikira terpapar Covid-19. Sejak itu, belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Dia menambahkan, pihaknya masih terus berkomunikasi dengan RSUD Ibnu Sina Gresik. Sebab, sebelumnya Jannah sempat melaksanakan ners di rumah sakit pelat merah itu.

Sumber : Jawapos.com

Berikan Komentar Anda
error: Content is protected !!