Sering Dianggap Sepele, Ternyata Ini Risiko Jika Telinga Tidak Bersih

Kita semua memiliki kebiasaan yang sering diakukan untuk memastikan kebersihan diri. Contoh kecil adalah mandi dan menggosok gigi secara rutin sehari dua kali. Tapi ternyata banyak dari kita yang lupa untuk menjaga kebersihan area telinga, karena dianggap sebagai area tubuh yang tak begitu terlihat.

Tak hanya area daun telinga yang harus kita perhatikan kebersihannya, ternyata bagian belakang telinga juga penting untuk dirawat. Pastikan kamu memeriksakan diri secara berkala ke dokter THT, dan tahu betul cara tepat membersihkan telinga tanpa melukai area dalam.

Dilansir dari thelist.com, berikut tips aman terkait cara membersihkan telinga secara tepat dan aman.

Selalu ingat untuk membersihkan bagian belakang telinga

Membersihkan bagian belakang telinga adalah sesuatu yang sering kali kita abaikan. Padahal untuk melakukannya pun tidak membutuhkan usaha yang ekstra, namun letak telinga inilah yang sering membuat kita mudah melupakan keberadaannya. Lalu apa yang terjadi selanjutnya jika kita lupa untuk membersihkan bagian belakang telinga kita?

Baca Juga  Pemkab Gresik Terima 2.272 Formasi CASN Tahun 2021

Jika area ini dibiarkan kotor, hal ini akan menimbulkan iritasi ringan pada kulit telinga dan kulit akan menjadi ruam kemerahan. Selain itu kulit juga akan memperlihatkan tanda-tanda dermatitis Seboroik atau sejenis infeksi. Bahaya bukan?

Bersihkan daun telinga dengan air sabun yang hangat

Kita sering kali tidak menyadari kebersihan bagian daun dan belakang telinga hingga kita mencium bau tidak sedap yang keluar. Jika di bagian itu tidak sakit namun mengeluarkan bau, cara terbaik untuk membersihkannya adalah membasuh telinga dengan air sabun yang hangat. Namun jika di bagian itu terdapat rasa sakit hendaknya kamu melakukan konsultasi kepada dokter telinga untuk memastikan telingamu baik-baik saja.

Baca Juga  Apa yang Menciptakan Angin? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Jangan gunakan kapas tangai, sebab menurut para ahli membersihkan telinga menggunakan kapas tangkai dan semacamnya akan menyumbat saluran telinga tempat keluarnya kotoran.

Jika setelah mandi, kamu merasa ada air yang masuk ke dalam telinga, ambil handukmu dan tekan bagian telinga tempat masuknya air tersebut, namun jika hal ini malah memeprburuk kondisimu, tidak bisa mendengar dengan jelas misalnya, kamu harus segera periksa ke dokter

Jaga bagian dalam telinga

Selain menjaga kebersihan telinga, kita juga harus memastikan tidak ada benda apapun masuk ke bagian dalam telinga.

“Kamu tidak perlu membersihkan telinga menggunakan bantuan kapas tangkai.” jelas Dr. Rob Hicks (via Smithsonian Magazine). Telinga memiliki mekanisme sendiri untuk membersihkan bagian dalamnya. Minyak dan lemak yang berada dalam saluran telinga menjebak banyak partikel untuk membukakan jalan keluarnya kotoran. Kotoran akan jatuh ke area daun telinga dengan sendirinya.

Berikan Komentar Anda