Warga Ngablak Benjeng Gelar Sedekah Bumi, Berdoa agar Terhindar Banjir Kali Lamong

  • Bagikan

Gresik – Warga Dusun Ngablak, Desa Kedungrukem, Kecamatan Benjeng mengadakan sedekah bumi, Sabtu (12/10). Kegiatan ini sebagai perwujudan syukur warga yang mayoritas bermata pencaharian petani atas limpahan hasil bumi yang melimpah.

Selain itu, sedekah bumi ini sebagai bentuk doa kepada Allah SWT agar Dusun Ngablak terhindar dari banjir luapan Kali Lamong yang terjadi setiap tahun.

Ada 3 tumpeng raksasa yang dibuat warga dalam sedekah bumi tahun ini dan sejumlah tumpeng kecil. Tumpeng-tumpeng itu kemudian diarak keliling desa yang dilepas langsung oleh Camat Benjeng Arif Wicaksono. Turut mendampingi Camat, Kepala Desa (Kades) Kedungrukem Bayu Prahaja Pratama dan Kapala Dusun (Kasun) Heri Cahyono.

Baca Juga  Kapolres Gresik, Dapat Doa Khusus Saat Silaturahmi ke Ponpes Roudlotul Hikmah

“Sedekah bumi di Dusun Ngablak ini yang pertama. Mudah-mudahan dengan sedekah bumi ini Ngablak bisa terhindar banjir Luapan Kali Lamong,” kata Arif Wicaksono saat menyampaikan sambutan.

Melaui sedekah bumi ini, ia juga berharap rezeki warga masyarakat Dusun Ngablak makin banyak. “Kegiatan sedekah bumi tak berhenti sampai tahun ini. Ke depannya tetap bisa dipertahankan dan bisa ditingkatkan dan lebih baik. Jangan sampai acara sedekah bumi yang baik ini berhenti. Harus bisa dipertahankan dan ditingkatkan,” pintanya.

Pada kesempatan ini, Arif Wicaksono juga meminta warga Dusun Ngablak menjaga kekompakan, guyub, dan kerukunan. Sebab, kerukunan itu merupakan modal untuk menjadikan program-program yang dijalankan pemerintahan desa (pemdes) bisa semakin baik.

Baca Juga  Warga Gresik Gunakan Buah Maja sebagai Campuran Disinfektan Cegah Corona

Hal yang sama disampaikan Kades Kedungrukem, Bayu Prahaja Pratama. “Mudah-mudahan Dusun Ngbalak bisa terhindar banjir Luapan Kali Lamong,” harapnya.

Zulaikah, salah satu warga Dusun Ngablak mengaku sangat terhibur dengan adanya sedekah bumi ini. Bahkan ia ikut rebutan tumpeng raksasa dan mendapatkan sejumlah sayuran. “Alhamdulillah, hasil bumi yang saya dapat sebagai bentuk optimistis saya hasil bumi saya akan makin bagus. Saya juga berharap dengan sedekah bumi ini warga Ngablak tak kebanjiran lagi pada musim hujan,” pungkasnya.


Berikan Komentar Anda
  • Bagikan