5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bantu Turunkan Berat Badan

  • Bagikan
5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bantu Turunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Butuh perombakan gaya hidup yang konsisten dan berkelanjutan.

Di samping menjaga pola makan agar tetap sehat dan seimbang, ada kebiasaan lain yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 kebiasaan di pagi hari yang membantu menurunkan berat badan:

  1. Sarapan tinggi protein

Makan sarapan tinggi protein dapat membantu meredam keinginan untuk makan berlebih sehingga berat badan lebih terkontrol.

Dalam sebuah penelitian terhadap 20 gadis remaja, sarapan berprotein tinggi mampu mengurangi dorongan ngemil secara lebih efektif dibanddingkan sarapan berprotein normal.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, biasakan untuk mengonsumsi telur, Greek yogurt, keju cottage, kacang-kacangan, dan biji chia saat sarapan.

  1. Minum air putih
Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Masker Kain untuk Mencegah Tertular Virus Corona

Memulai pagi dengan segelas atau dua gelas air putih adalah cara yang sederhana dan sangat mudah untuk menurunkan berat badan.

Air dapat membantu meningkatkan pembakaran energi setidaknya selama 60 lain. Sebuah penelitian kecil membuktikan, minum 500 ml air mampu meningkatkan rata-rata 30 persen tingkat metabolisme.

  1. Menimbang berat badan

Menimbang berat badan setiap pagi bisa menjadi cara yang efektif untuk menjaga motivasi dan meningkatkan kontrol diri.

Dengan demikian, kebiasan dan perilaku hidup sehat yang dapat mendorong penurunan berat badan semakin konsisiten dilakukan.

Sebuah penelitian terhadap 47 orang menemukan, orang yang menimbang berat badannya setiap hari kehilangan berat badan hingga 6 kg lebih selama enam bulan.

  1. Berjemur
Baca Juga  Minum Jus Wortel Juga Bisa Kendalikan Tekanan Darah dan Kolesterol

Membuka tirai untuk membiarkan sinar Matahari masuk atau menghabiskan beberapa menit di luar rumah setiap pagi dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian kecil mengatakan bahwa paparan cahaya tingkat sedang, pada waktu-waktu tertentu dalam sehari, dapat memengaruhi berat badan.

Berjemur di bawah sinar Matahari juga menjadi cara yang sangat baik untuk mendapatkan asupan vitamin D yang mampu mencegah kenaikan berat badan.

  1. Olahraga

Melakukan beberapa aktivitas fisik di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan secara lebih efektif.

Sebuah studi terhadap 50 wanita dengan obesitas mencoba mengukur efek latihan aerobik pada waktu-waktu yang berbeda dalam satu hari.

Alhasil, berolahraga di pagi hari dikaitkan dengan tingkat rasa kenyang yang lebih tinggi sehingga berat badan lebih terjaga.

Baca Juga  5 Manfaat jus bayam untuk kesehatan

Sumber : Kompas

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan