7 Kebiasaan yang Bikin Sakit Pinggang

  • Share
Gresik - 7 Kebiasaan yang Bikin Sakit Pinggang

Health – Sakit pinggang merupakan salah satu nyeri yang paling umum dirasakan. Studi menunjukkan 80 persen orang pernah atau akan mengalami sakit pinggang dalam hidup mereka.

Sakit pinggang dapat dicegah dengan menghindari penyebab nyeri. Umumnya, sakit pinggang muncul karena kebiasaan sehari-hari yang salah.

Berikut kebiasaan yang bikin sakit pinggang.

Duduk terlalu lama

Duduk dalam waktu yang terlalu lama misalnya saat bekerja dapat membuat otot dan sendi menjadi kaku sehingga memicu nyeri pinggang.

Untuk mencegah sakit pinggang, hindari duduk terlalu lama. Selangi duduk dengan berdiri, berjalan, atau peregangan setiap 30-60 menit sekali.

Salah saat mengangkat beban

Nyeri pinggang juga dapat muncul saat mengangkat beban. Sering kali, seseorang terburu-buru mengangkat beban berat atau salah tumpuan.

Baca Juga  Riset Terbaru, Makan Tempe Bisa Cegah Pikun Akibat Alzheimer

Saat mengangkat beban, tekuk lutut dan menggunakan kekuatan kaki. Pastikan punggung lurus dan kepala menghadap ke depan. Tempatkan pula beban berada dekat dengan tubuh.

Membungkuk

Postur tubuh yang buruk juga dapat menyebabkan sakit pinggang. Kebiasaan membungkuk dalam beraktivitas baik saat duduk maupun berjalan memberikan tekanan lebih pada tulang belakang sehingga memicu nyeri.

Dikutip dari Every Day Health, tekanan pada tulang belakang ini juga dapat mengubah anatomi tulang belakang. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga postur tubuh tetap tegak untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang.

Tidak berolahraga

Jarang atau tidak pernah berolahraga juga dapat menyebabkan sakit pinggang. Studi menunjukkan berolahraga dapat meningkatkan stabilitas pada otot pinggang.
Orang yang rutin berolahraga lebih jarang mengalami sakit pinggang.

Baca Juga  Penyebab Lelah dan Mengantuk saat Bangun Tidur Pagi Hari

Tidak mendapatkan cahaya matahari

Tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup juga berhubungan dengan nyeri pinggang.

Tidak mendapatkan cahaya matahari dapat membuat tubuh kekurangan vitamin D. Kondisi ini membuat penyerapan kalsium berkurang dan tubuh berisiko lebih tinggi mengalami nyeri pinggang dan penyakit tulang lainya.

Untuk mendapatkan cahaya matahari dan vitamin D yang cukup, Kementerian Kesehatan menyarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari 10-15 menit 2-3 kali seminggu.

Menarik dan Mendorong

Aktivitas menarik dan mendorong yang dilakukan terus menerus juga dapat memicu nyeri pinggang. Kegiatan ini berumpu pada tulang pinggung.

Jika terus dilakukan tulang pinggul bakal kelelahan dan memunculkan rasa sakit.

Merokok

Merokok juga dapat memicu sakit pinggang. Kandungan nikotin dalam rokok membatasi aliran darah ke cakram yang melindungi tulang belakang. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit pinggang.

Baca Juga  Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Lidah Berwarna Putih

Selain itu, nikotin juga menghambat degenerasi ada bantalan tulang belakang. Bantalan yang hilang juga menimbulkan rasa sakit.

Lakukan perubahan gaya hidup sehat untuk mengatasi sakit pinggang. Jika nyeri berlanjut segera hubungi dokter

Sumber: cnn indonesia

Berikan Komentar Anda
  • Share