Ada 5 Cara Mudah Periksa Kebocoran Data Kita di Internet

Ada 5 Cara Mudah Periksa Kebocoran Data Kita di Internet

Techno – Simak penjelasan cara mudah memeriksa kebocoran data di Anda di internet dengan membaca tuntas artikel ini.

Seperti diketahui, data BPJS Kesehatan bocor. Kebocoran data ini terungkap setelah seorang anggota Raid Forums, “Kotz” mengaku mengantongi data 279 juta peserta BPJS Kesehatan. Sebanyak 20 juta di antaranya memuat foto pribadi. Akun “Kotz” melelang data tersbut di Raid Forums.

Akhirnya, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir forum online tersebut karena dianggap melanggar peraturan perudang-undangan di Indonesia.

Terkit kebocoran data tersebut, manajemen BPJS Kesehatan menyiapkan sejumlah langkah pengamanan. Di antaranya dalah melakukan penyelidikan dugaan peretasan.

Direktur BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti dilansir KompasNasional mengatakan, investigasi dugaan peretasan itu dibantu oleh Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN).

Baca Juga  Lapor Corona COVID-19, Warga Gresik Bisa Hubungi 112 (tanpa kode area 031 ya)

Upaya lainnya adalah dengan mengamankan titik akses untuk mencegah kebocoran data. Langkah itu dilakukan di antaranya dengan menutup sementara aplikasi yang berisiko.

Selain itu, lanjut Ali, BPJS Kesehatan juga menunda kerja sama pertukaran data dan menguatkan sistem keamanan teknologi informasi.

Terkait dugaan peretasan, BPJS Kesehatan juga sudah melaporkan kasus itu ke Bareskrim Polri.

Cara periksa kebocoran data di internet
Sambil menunggu upaya pemerintah mengamankan data dari kebocoran, kita sebagai warga negara juga bisa turut membantu perlindungan data, minimal untuk kita sendiri, terutama data-data sensitif seperti password email, kartu kredit dan lainnya.

Nah, untuk mengetahui apakah data data Anda mengalami kebocoran di internet, Ada sejumlah cara mudah untuk dilakukan.

Berikan Komentar Anda
error: Content is protected !!