Otomotif – Pada motor ada dua sistem pengereman yakni ABS dan CBS. ABS sendiri adalah kepanjangan Anti-Lock Brake System, sementara CBS adalah Combi Brake System.
Meski sama sama rem, dari namanya berbeda, maka fungsinya pun lg’ berbeda pula.
Apa saja perbedaannya. Berikut Penjelasan di kutip dari laman Wahana Honda :
Cara Kerja CBS
CBS berfungsi mengoptimalkan sistem pengereman melalui rem depan dan belakang yang bekerja bersamaan
CBS sebenarnya merupakan nama yang dipakai Honda, untuk menyebut sistem pengereman kombinasi.
Cara kerjanya lebih sederhana karena mengandalkan sistem mekanikal.
Umumnya skutik Honda dengan fitur CBS punya tuas rem sebelah kiri yang dilengkapi equalizer yang bercabang ke dua kabel.
Satu kabel langsung ke rem belakang dan satu kabel lagi ke kabel konektor.
Kabel konektor ini akan menarik knocker untuk mendorong piston hidrolik di master rem depan.
Itulah kenapa saat menekan tuas rem belakang yang ada di sisi kiri setang, rem depan bisa otomatis ikut bekerja.
Cara Kerja ABS
Teknologi ABS memungkinkan ban motor tidak mengunci dan selip saat pengendara melakukan hard braking atau pengereman secara mendadak.
Kemampuan ABS dalam mencegah ban selip, berasal dari sensor yang terpasang di piringan cakram.
Sensor itu terhubung ke ECU (Electronic Control Unit) yang akan membaca sensor saat cakram dan ban terdeteksi mengunci ketika motor melaju.
Ketika terjadi fenomena ban mengunci, rem ABS secara otomatis akan melonggarkan tekanan minyak rem yang membuat piston akan tertarik, sehingga pengereman otomatis terlepas untuk memungkinkan ban kembali bergulir.
Dalam hitungan cepat dalam mili second, rem akan otomatis aktif kembali sehingga handling tetap terjaga.
Singkatnya, kerja ABS mirip seperti kita mengocok rem, tapi secara otomatis.
Demikianlah perbedaan dua sistem rem ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pemilik sekaligus pengendara motor.