Bamsoet: IMI Bersama Gallant Venture Pte LTD Singapura Tandatangani MOU Pembangunan Bintan International Circuit

BINTAN – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama CEO Gallant Venture Pte LTD Singapura Mr. Eugene Cho Park menandatangani Nota Kesepahaman untuk bekerjasama membangun Bintan International Circuit great 1.

Pembangunan direncanakan selesai dalam dua tahun dengan investasi murni dari swasta mencapai Rp 1,2 triliun, tidak menggunakan APBN/APBD. Dipersiapkan untuk menggelar berbagai kejuaraan balap dunia seperti Formula 1, Formula 2, Formula 3, GT3, World Endurance Championship, V8 Supercars, World Touring Car Cup, hingga Nascar Oval.

Sebagaimana disampaikan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, keberhasilan Presiden Joko Widodo membangun Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah menjadi tuan rumah MotoGP, World Superbike, Moto2, Moto3, dan Asia Talent Cup, telah menginpirasi para gubernur di berbagai wilayah. Termasuk Kepulauan Riau, untuk turut membangun sirkuit bertaraf internasional di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga  Relawan se- Bandung Raya Deklarasi 'Sauyunan 2024 Milu Jokowi'

Ketua DPR RI ke-20 dan Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menjelaskan, Setelah Pertamina Mandalika Internasional Sirkuit yang si gagas Presiden Joko Widodo berjalan, Pengurus Pusat IMI juga tengah mempersiapkan sirkuit internasional lainnya di empat titik yang diharapkan Ground breaking nya oleh Presiden Joko Widodo sebagai Bapak Otomotof Indonesia.

“Empat sirkuit tersebut antara lain adalah pertama, Bintan Sirkuit Internasional yang hari ini telah ditandatangani kerjasamanya antara IMI dengan pihak pengelola kawasan Bintan dan Galant Ventura Pte Ltd Singapura. Kedua, West Java Sentul Internasional Sirkuit kerjasama IMI Pusat dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan pengelola Sirkuit Sentul untuk merestorasi Sirkuit Internasional Sentul menjadi West Java Sentul International Circuit great 2. Ketiga, IMI juga berencana mengembangkan Kawasan Pusat Olahraga Sumatera Selatan Jakabaring di Palembang, menjadi Street Sirkuit Internasional Jakabaring.

Baca Juga  Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443 H Jatuh Pada Minggu 3 April 2022

Lalu keempat, IMI Pusat sedang jajaki kerjasama dengan Agung Sedayu Group untuk pmembangun PIK-2 Internasional Sirkuit great 1 di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta dan kelima, Sirkuit Bali Pecatu Go-kart Internasional di Kawasan Bali Pecatu Jimbaran Bali,” ujar Bamsoet usai menandatangani Nota Kesepahamanan antara IMI dengan Gallant Venture Pte LTD, di Bintan, Kamis (17/3/22).

Berikan Komentar Anda
error: Content is protected !!