Beberkan Apem Seger, Operator Dapodik SMPN Gresik Sukses Gelar Workshop

Beberkan Apem Seger, Operator Dapodik SMPN Gresik Sukses Gelar Workshop

Gresik – Forum Komunikasi Operator Sekolah (OPS) Dapodik UPT SMP Negeri se-kabupaten Gresik mengadakan workshop di salah satu hotel di kota pudak Gresik, Rabu pagi (8/12/2021) kemarin.

Tujuan workshop yang mengusung tema OPS Cerdas Gresik ini adalah sharing percepatan pendataan dapodik, membongkar pembaruan aplikasi dapodik versi 2022, 2022.b dan 2022.SP (Sekolah Penggerak), verval data, pembuatan server dapodik dari offline ke online dan aplikasi Gresik PD Seru.

Hadir dalam workshop tersebut, Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik Choirul Arief didampingi Operator Dapodik Dispendik Bambang Mujiono dan Narasumber Mukhamad Asrori.

Choirul Arief dalam sambutannya mengatakan, operator sekolah merupakan pemegang kunci data potret lembaga.

Baca Juga  Kapolres Gresik Tekankan Disiplin Prokes Dalam Deklarasi Dan Penandatanganan Pakta Integritas Jaga Pemilu

Arif Sheva, panggilan akrab Choirul Arief ini mengungkapkan, ada 5.536 lembaga pendidikan formal dan non formal yang ada di kabupaten Gresik.

“Program atau kebijakan Pemkab tidak luput dari data yang dientry operator sekolah,” katanya.

Lebih lanjut, Arif Sheva mewanti-wanti kepada operator sekolah agar memperhatikan kelengkapan data, baik di Dapodik atau Gresik PD Seru.

“Memulai kelengkapan data dengan buat strategi. Jangan single fighter karena rata-rata jumlah siswanya banyak, data itu jangan digarap sendirian,” ujarnya.

Masih kata Arif, bulan ini sedang dikembangkan absensi Guru dan Tenaga Kependidikan berbasis android.

“Aplikasi Gresik PD Seru akan terus kami kembangkan termasuk ajuan SPJ BOS daerah, persuratan, dan absensi GTK,” pungkasnya.

Baca Juga  Bupati Kukuhkan 61 Relawan Pemulasaran Jenasah Gresik Tangguh

Terkait kelengkapan data, Operator Dapodik Dispendik Bambang Mujiono juga mengatakan hal senada dengan Arif. Bambang mengatakan, kelengkapan data sekolah harus menjadi perhatian serius operator, karena kelengkapan data adalah tugas yang melekat pada operator.

“Sudah bertahun-tahun data ini ada, mari kita lengkapi,” pesannya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Mukhamad Asrori memulai paparan materi dengan memberi ucapan selamat kepada para operator yang telah lolos seleksi ASN PPPK Guru.

Asrori melanjutkan paparan materi AnyDesk. Sebuah aplikasi desktop yang menawarkan kendali jarak jauh dan transfer file. Menurutnya, aplikasi ini merupakan aplikasi alternatif selain Teamviewer dan Ultraviewer.

Namun, Asrori membeberkan ada plus minus penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut. Untuk itu, ia meminta agar operator sekolah bijaksana menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga  Dibawah Terik Matahari Tukang Sapu Sumringah Didatangi Polisi Gresik

“Setelah aplikasi itu digunakan, passwordnya harus diganti agar tidak dibobol orang lain,” ungkap pemilik chanel Youtube Cak.Tutorial ini.

Jelang akhir acara juga dibeberkan, dalam waktu dekat akan diluncurkan Apem Seger. Akronim dari Aplikasi Penjaminan Mutu Sekolah Gresik. Sebenarnya, toolsnya pengawas penilik untuk memetakan mutu sekolah.(RES)

Berikan Komentar Anda