Giliran Facebook dan Instagram Turunkan Kualitas Video

  • Bagikan

Media sosial mengikuti langkah platform streaming untuk menurunkan kualitas videonya agar internet tidak jebol. Kali ini giliran Facebook dan Instagram yang menurunkan kualitas videonya di Eropa.
Langkah ini dilakukan untuk mencegah tumbangnya internet di Eropa selagi ribuan orang bekerja dan belajar dari rumah untuk menghindari penyebaran virus corona.

“Untuk membantu mengurangi potensi kemacetan jaringan, kami akan sementara waktu mengurangi bitrate video Facebook dan Instagram di Eropa,” kata juru bicara Facebook dikutip dari Reuters, Senin (23/3/2020).

Kami berkomitmen untuk bekerja dengan mitra kami untuk menangani kendala bandwidth apapun selama periode permintaan yang tinggi ini, sekaligus memastikan orang-orang tetap dapat terhubung menggunakan aplikasi dan layanan Facebook selama pandemi COVID-19,” sambungnya.

Baca Juga  Menakjubkan Foto Planet Jupiter Dari Jarak Dekat

Sumber yang dekat dengan internal Facebook mengatakan kebijakan ini akan diterapkan selama ada kekhawatiran tentang macetnya jaringan internet.

Langkah Facebook ini mengikuti Netflix, Amazon, YouTube dan Disney yang sebelumnya telah mengumumkan untuk menurunkan kualitas streaming videonya di Eropa.

Netflix dan YouTube akan menurunkan kualitas video mereka selama 30 hari, sedangkan Disney akan menurunkan penggunaan bandwidth setidaknya 25% di seluruh negara Eropa yang kedatangan Disney+ pada minggu depan.

Petinggi Uni Eropa, Thierry Breton memang telah meminta platform streaming untuk melowongkan bandwidth untuk pelayanan kesehatan dan kegiatan belajar dari rumah yang dilakukan ribuan murid di Eropa. Streaming video memang mendominasi dua pertiga trafik di jaringan kabel dan mobile.

Baca Juga  Kebanyakan Kaktus Berbatang Hijau dan Berduri, Mengapa Begitu, ya?

source: detik.com

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan