Ini Perbedaan Gejala Virus Corona, Influenza dan Flu Biasa

  • Bagikan

PERBEDAAN VIRUS: Mewabahnya virus Corona, menjadikan masyarakat bertanya apa perbedaannya dengan gejala influenza dan flu biasa.

Gresik – Sekarang ini hampir di seluruh negara kena wabah virus Corona atau COVID-19. Wabah itu pun kini menjadi perbincangan di tengah masyarakat, terutama mengenai ciri dari virus tersebut seperti bagaimana.

Karena, di tengah masyarakat, masih banyak yang bertanya apakah virus Corona itu gejalanya sampai seperti dengan Influenza, dan Flu Biasa. Nah, jatimnet.com merangkum mengenai jenis gejala tersebut.

Pilek (Flu) Biasa

Pilek ini pada umumnya terjadi ketik kena infeksi virus pada hidung dan tenggorokan, yaitu pada saluran pernapasan atas yang biasanya ini dinyatakan tidak berbahaya.

  1. Pilek atau hidung tersumbat
  2. Sakit tenggorokan
  3. Batuk
  4. Tubuh terasa sakit pada persendian
  5. Sakit kepala ringan
  6. Bersin
  7. Demam ringan.
Baca Juga  Polsek Kebomas tingkatkan patroli pemukiman

Setelah dua atau tiga hari lendir (ingus) mungkin akan menjadi lebih tebal atau mengental dan berwarna kuning atau hijau. Pilek biasanya sembuh dalam lima hingga tujuh hari. Supaya kondisi bisa cepat membaik, kamu perlu minum obat dan istirahat yang ekstra.

Influenza

Gejala influenza ini terdapat menyerang di tubuh secara tiba-tiba dan berbeda dari pilek. Ini lebih berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Beberapa gejala yang umum dihadapi oleh penderita influenza.

  1. Demam tinggi hingga 40 Celsius
  2. Badan Menggigil
  3. Batuk
  4. Kelelahan
  5. Sakit tenggorokan
  6. Mual bahkan bisa disertai muntah
  7. Mengalami keluhan diare
  8. Sulit bernapas
  9. Sakit kepala
  10. Mata kering
  11. Mengalami ruam.
    Jika tidak diobati, situasinya dapat memburuk menjadi pneumonia. Segera pergi temui dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.
Baca Juga  Bu Min Terima Bantuan 5 Tabung Oksigen Dari PT PJB UP Gresik

Virus Corona (2019-nCoV atau COVID-19)

Gejala infeksi virus Wuhan atau virus Corona ini agak berbeda, seperti berikut.

  1. Gejala gangguan pernapasan umum disertai demam
  2. Batuk kering
  3. Sesak napas dan kesulitan bernafas.

Namun pada penderita virus Corona, terkadang tidak ada demam. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat memburuk menjadi pneumonia, sindrom pernafasan akut yang parah, gagal ginjal dan bahkan kematian.

Jika kamu mengalami gejala di atas dan baru saja kembali dari Wuhan atau bagian lain Cina, atau melakukan kontak dengan siapa saja yang baru saja bepergian ke Cina maka waspadalah dan periksakan diri kamu ke dokter segera.

Pantau kesehatan kamu selama 14 hari untuk melihat apakah gejalanya masih ada dan segera pergi ke rumah sakit jika ada. Jika tidak, pergilah ke dokter jika merasa tidak yakin karena mereka memiliki tes yang lebih akurat untuk mendiagnosis penyakit kamu.

Baca Juga  Bentuk Kepedulian Polri, Kapolres Gresik Kunjungi dan Berikan Bantuan Dua Janda Lansia


source
jatimnet.com

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan