Ini Perbedaan Kue Prol Tape dan Bolu Tape?

Ini Perbedaan Kue Prol Tape dan Bolu Tape?
Ilustrasi bolu tape keju. (Dok. Sajian Sedap)

Gresik Foodies – Tape merupakan salah satu jajanan khas nusantara, seperti tape singkong merupakan makanan dari hasil proses fermentasi singkong menggunakan ragi.

Proses tersebut membuat singkong memiliki rasa manis asam. Di Indonesia, tape singkong dimakan langsung atau diolah menjadi banyak makanan. Salah satunya bolu tape dan prol tape.

Keduanya makanan jadul tersebut sama-sama memiliki bahan utama tape singkong. Lalu, apa beda kue bolu tape dan prol tape? Simak penjelasannya berikut ini.

Ini Perbedaan Kue Prol Tape dan Bolu Tape?
Ilustrasi prol tape keju. (Dok. Sajian Sedap)

Dalam sebuah wawancara melalui sambungan telepon, Maria Yanti selaku pemilik Brownies Bundakoe menjelaskan seputar perbedaan prol tape dan bolu tape.

Menurutnya, prol tape adalah bolu bantat yang punya tektur padat tetapi lembut. Berbeda dengan bolu tape yang punya tekstur empuk dan mengembang.

Baca Juga  Cara Membuat Gingerbread, Kue Khas Natal

“Selain itu, bolu tape itu dibuat dengan menggunakan bahan pengembang kayak baking powder, baking soda. Sementara prol tape tidak menggunakannya.” ungkapnya kepada Kompas.com.

Dalam penuturannya, Maria juga mengatakan kalau bolu tape dibuat dengan menggunakan kocokkan telur sebagai pengembang adonan.

“Cara membuat bolu tape sama prol tape juga beda. Kalau saya, enggak pernah berhasil bikin bolu tape tanpa mixer. Jadi selalu pakai mixer. Nah, kalau prol tape ini sendiri berhasil dibuat walau tanpa mixer.” tuturnya.

Penggunaan tape singkong lebih banyak pada saat membuat prol tape dibandingkan dengan bolu tape. Hal ini yang membuat cita rasanya asam manis dan bau aromanya khas.

Baca Juga  Resep Otak-Otak Ikan Bandeng Khas Gresik

Sumber: Kompas.com

Berikan Komentar Anda
error: Content is protected !!