Inovatif! Satlantas Polres Gresik Berikan Bimbel Uji Teori dan Praktik, Tingkatkan Kemampuan Peserta Uji SIM

Gresik – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gresik, Polda Jatim, meluncurkan inovasi baru untuk membantu para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) dalam menghadapi ujian teori dan praktik.

Kegiatan bertajuk ‘Bimbingan Belajar (Bimbel) Polres Gresik’ ini bertujuan untuk memberikan bimbel secara intensif dan mendorong pemahaman materi kompetensi. Serta, meningkatkan keterampilan mengemudi bagi calon peserta uji SIM di Satpas Gresik.

Kasatlantas Polres Gresik, AKP Agung Fitransyah, mengatakan dalam upaya mendukung proses pembelajaran, petugas Satlantas Polres Gresik memberikan sosialisasi melalui buku panduan berisi materi teori umum yang perlu dipahami sebelum menghadapi ujian teori SIM.

Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan yang efektif bagi pemohon SIM dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes teori.

Baca Juga  Polres Gresik Beri Penghargaan 43 Anggota Berprestasi

Selain itu, sesi pelatihan cara berkendara yang baik dan benar juga diadakan sebagai bagian dari bimbel ini. Petugas berpengalaman mengajarkan teknik mengemudi yang aman dan mematuhi peraturan lalu lintas, menjadikan pemohon SIM lebih siap menghadapi ujian praktik.

Kegiatan ini dirancang untuk mengurangi tingkat keguguran peserta uji praktik SIM serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya perilaku berlalu lintas yang aman dan bertanggung jawab. Bimbel juga merupakan salah satu upaya kepolisian menekankan pentingnya edukasi dalam meningkatkan kesadaran berlalu lintas serta memastikan para pengendara memiliki kemampuan mengemudi yang memadai.

“Melalui Bimbel ini, kami berharap para pemohon SIM dapat dengan lebih percaya diri menghadapi ujian, sambil tetap memahami betul aturan-aturan yang berlaku di jalan raya,” kata AKP Agung saat ditemui di Satpas Polres Gresik, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga  Jumat Curhat, Kapolres Gresik Tampung Aspirasi Masyarakat Sukomulyo Manyar di Poskamling

Agung menambahkan, kegiatan ini juga merupakan wujud komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal keselamatan berlalu lintas. Para calon peserta uji SIM juga dapat mempelajari materi ujian teori melalui aplikasi scan barcode yang ada di lokasi.

Selain diberikan sebelum ujian dimulai, para pemohon SIM dapat mengikuti bimbel diluar jam pelayanan biasa, yakni pada hari Senin hingga Sabtu pukul 15.00 – 17.00 WIB.

Yang menarik, kegiatan ini terbuka untuk seluruh masyarakat tanpa dipungut biaya, menunjukkan upaya Polres Gresik dalam memberikan kontribusi positif dalam pendidikan berlalu lintas di wilayah Kabupaten Gresik.

“Harapannya dengan adanya Bimbel Polres Gresik, pemohon SIM dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi ujian SIM, sambil tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keamanan dan keselamatan dalam berkendara,” pungkasnya. (Red)