WISATA  

Menengok Kembali Wisata Goa Langsih Gresik

Menengok Kembali Wisata Goa Langsih Gresik
Foto Goa Langsih @Ihategreenjello.com

Wisata Goa Langsih Gresik memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Goa Langsih adalah salah satu tempat wisata yang berada di puncak Bukit Surowiti, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia.

Raden Said dipercaya pernah bertapa di Goa Langsih, beberapa tahun sebelum dia menjadi seorang wali bernama Sunan Kalijaga.

Sampai kini tempat pertapaan tersebut masih terjaga dan menjadi tempat destinasi wisata religi. Menurut cerita yang dipercayai warga sekitar, Raden Said pernah dua kali bertapa di sana.

Pertama, saat ia masih belum menjadi seorang wali. Kedua, ia kembali lagi setelah menyandang gelar wali.

Menengok Kembali Wisata Goa Langsih Gresik
Mulut goa Langsih (Wisata Religi Gunung Surowiti) @tempatwisatapro

Dikutip dari laman Disparbud Gresik Goa Langsih ini konon adalah salah satu tempat yang dipakai oleh Sunan Kalijaga pada saat menempa diri setelah diangkat murid oleh Sunan Bonang.

Baca Juga  Cegah Kecelakaan, Polisi di Gresik Cor Jalan Berlubang di Jembatan Sukomulyo

Goa langsih (menurut cerita tutur) juga digunakan sebagai tempat bermusyawarah oleh para Wali dalam merumuskan strategi dakwah dan pembinaan umat islam kala itu.

Secara tampilan fisik, Goa ini cukup menarik karena sekilas hanya tampak menyerupai cerukan saja, bahkan untuk masuk ke dalamnya diperlukan upaya yg cukup menantang adrenalin, namun ketika kita masuk maka kita akan melihat beberapa bagian goa yg menarik seperti batu yg menyerupai kursi, batu telunjuk, dan air tetes goa yang tidak pernah kering meski musim kemarau sekalipun.

Menengok Kembali Wisata Goa Langsih Gresik
Foto: Aroengbinang.com

Karena letaknya di puncak Bukit Surowiti, tempat ini menjadi favorit bagi para wisatawan khususnya para pecinta alam untuk melakukan pendakian.

Baca Juga  Kapolres Gresik Beri Semangat Ratusan Anak di SDN 57 Gresik

Selain Goa Langsih, di lokasi tersebut juga terdapat petilasan Sunan Kalijaga yang juga tidak pernah sepi akan wisatawan yang berwisata religi kesana.

Penasaran kan…? Langsung datang saja ke Desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Berikan Komentar Anda