Pakar ITB Beberkan Penyebab Gunung Semeru Meletus

Pakar ITB Beberkan Penyebab Gunung Semeru Meletus
Ilustrasi Gunung Semeru Meletus (Dok. BNPB)

Nasional – Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021). Ahli Vulkanologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr. Eng. Mirzam Abdurrachman pun menjelaskan penyebab gunung Semeru meletus.

Menurut Mirzam, material aliran lahar yang terjadi di Gunung Semeru merupakan akumulasi dari letusan sebelumnya. Material tersebut telah menutupi kawah gunung tersebut.

“Terkikisnya material abu vulkanik yang berada di tudung gunung tersebut membuat beban yang menutup Semeru hilang sehingga membuat gunung mengalami erupsi,” jelas dia melansir laman resmi ITB di itb.ac.id, Senin (6/12/2021).

Seperti diberitakan Gunung Semeru erupsi pada Sabtu sore, (4/12/2021) sekitar pukul 14:50 WIB. Mengutip dari Magma Indonesia, visual letusan tidak teramati akan tetapi erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi 5160 detik.

Baca Juga  Bangun Rumah Sakit di Palestina, MUI Galang Dana Rp23 Miliar

Menurut Mirzam, saat terjadi erupsi warga cenderung tidak merasakan adanya gempa, akan tetapi tetap terekam oleh seismograf. Hal ini disebabkan oleh sedikitnya material yang berada di dalam dapur magma.

Penyebab Gunung Semeru Meletus
Dia menjelaskan, ada tiga penyebab Gunung Semeru meletus. Pertama karena volume di dapur magma gunung Semeru sudah penuh.

Kedua karena ada longsoran di dapur magma yang disebabkan terjadinya pengkristalan magma. Penyebab gunung Semeru yang ketiga ternyata tak dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar. Mengapa?

Berikan Komentar Anda
error: Content is protected !!