Penemuan Fosil ‘Naga Laut’ di Rutland Inggris

Penemuan Fosil 'Naga Laut' di Rutland Inggris
MATTHEW POWER PHOTOGRAPHY

Telah ditemukan fosil ichthyosaurus dengan julukan “Naga Laut” berukuran 10 meter di Rutland Water Nature Reserve, Inggris. Kerangka hewan purba ini merupakan yang terbesar dan terlengkap dari jenisnya yang ditemukan di Inggris hingga saat ini.

“Saya menelepon dewan daerah dan saya berkata saya pikir saya telah menemukan dinosaurus,” jelas Joe Davis, yang bekerja di Rutland Water Nature Reserve.

Selama pekerjaan lansekap di reservoir cadangan pada Februari 2021, dia melihat sesuatu yang aneh menyembul dari lumpur.

Dilansir dari BBC.com Itu bukan dinosaurus. Tapi itu adalah sisa-sisa fosil predator laut sepanjang 10 meter yang disebut ichthyosaurus.

Dan itu adalah yang terbesar dari jenisnya yang pernah ditemukan di Inggris.

“Saya melihat ke bawah pada apa yang tampak seperti batu atau pegunungan di lumpur dan saya mengatakan ini terlihat sedikit organik, sedikit berbeda,” kata Davis kepada BBC News. “Kemudian kami melihat sesuatu yang tampak hampir seperti tulang rahang.”

Baca Juga  Mengapa Perut Kita Berbunyi Saat Lapar?

Dewan tersebut berkata kepada Davis: “Kami tidak memiliki departemen dinosaurus di Dewan Kabupaten Rutland jadi kami harus meminta seseorang untuk menelepon Anda kembali.” Sebuah tim ahli paleontologi dibawa untuk melihat lebih dekat.

Pekerja menggali naga laut

Mereka menyimpulkan bahwa itu adalah ichthyosaurus sejenis predator laut berdarah panas yang bernapas di udara, tidak seperti lumba-lumba. Mereka bisa tumbuh hingga panjang 25 meter dan hidup antara 250 juta dan 90 juta tahun yang lalu.

Dr Dean Lomax, ahli paleontologi dari Universitas Manchester, didatangkan untuk memimpin upaya penggalian. Dia menyebut penemuan itu “benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya” dan karena ukuran dan kelengkapannya “salah satu penemuan terbesar dalam sejarah paleontologi Inggris”.

“Biasanya kita memikirkan ichthyosaurus dan reptil laut lainnya yang ditemukan di sepanjang pantai Jurassic di Dorset atau pantai Yorkshire, di mana banyak dari mereka terpapar oleh erosi tebing. Di sini, di lokasi pedalaman sangat tidak biasa.”

Baca Juga  Apa yang Menciptakan Angin? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Rutland lebih dari tiga puluh mil dari pantai, tetapi 200 juta tahun yang lalu permukaan laut yang lebih tinggi berarti itu ditutupi oleh laut dangkal.

Ketika ketinggian air di reservoir Rutland diturunkan lagi pada akhir musim panas 2021, tim paleontologis datang untuk menggali sisa-sisanya. Perhatian khusus diberikan pada pengangkatan tengkorak besar itu.

kerangka ichthyosaurus
Keterangan gambar,Ichthyosaurus punah sekitar 90 juta tahun yang lalu

Sebuah balok besar tanah liat yang berisi kepala ichthyosaurus digali dengan hati-hati sebelum ditutup dengan plester dan diletakkan di atas bidai kayu.

Balok yang beratnya hampir satu ton itu diangkat dari lumpur dan sekarang akan diperiksa lebih lanjut.

“Tidak sering Anda bertanggung jawab untuk mengangkat dengan aman fosil yang sangat penting tetapi sangat rapuh dengan berat sebanyak itu,” kata Nigel Larkin, konservator paleontologi dan Visiting Research Fellow di Reading University. “Ini adalah tanggung jawab, tapi saya suka tantangan.”

Baca Juga  Jet Tempur Israel Serang Gaza Lagi

Anglian Water, yang mengelola waduk Rutland, sekarang sedang mencari dana untuk memungkinkan ichthyosaurus tinggal di daerah itu dan dinikmati oleh masyarakat umum.

“Banyak orang mengira saya menarik kaki mereka ketika saya memberi tahu mereka bahwa saya menemukan reptil laut besar di tempat kerja,” kata Davis. “Saya pikir banyak orang tidak akan percaya sampai program TV keluar.”

Acara TV itu pada hari Selasa 11 Januari jam 8 malam di BBC Two. “Menggali untuk Inggris” kemudian akan tersedia di BBC iPlayer.

Sumber: BBC.com

Berikan Komentar Anda