Segini Bonus yang Disediakan KONI Gresik untuk Atlet Peraih Medali PON XX Papua

  • Bagikan
Segini Bonus yang Disediakan KONI Gresik untuk Atlet Peraih Medali PON XX Papua

Gresik – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Gresik mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap altet mereka yang mewakili Jawa Timur di ajang PON XX Papua. Ketua Koni Kabupaten Gresik, Anis Ambiyo Putri, memastikan hal tersebut.

“Alhamdulilah, dari 31 atlet KONI Gresik yang diambil oleh Pemprov Jatim untuk berlaga di PON XX Papua atlet kami bisa menyumbangkan 13 medali emas, 9 medali perak, dan 5 medali perunggu,” ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (19/10).

Ia menuturkan, puluhan atlet dan sejumlah ofisial yang ditugaskan KONI Gresik dalam ajang tersebut banyak yang belum pulang. Mereka, kata Anis, mereka harus bergantian naik pesawat.

“PON XX Papua ini kan yang ikut kontingen se-Indonesia. Jadi, mereka tak bisa kembali (pulang) bersamaan naik pesawat dalam sehari. Makanya, harus bergantian,” tuturnya.

Namun, ada sejumlah atlet yang sudah tiba di Gresik. Salah satunya, Farid (25), atlet sepak takraw asal Desa Telukjatidawang, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean.

Baca Juga  Jadi Motor Pertama Rakitan Gresik KTM 390 Adventure

“Jadi kebetulan atlet sepak takraw kami ini, Mas Farid bisa ikut pulang rombongan Pemprov Jatim duluan,” kata Anis.

“Begitu tiba, KONI Gresik menyambutnya. Kita ajak makan sebelum pulang ke Bawean dengan naik kapal. Setelah itu, kami juga kasih uang Rp250 ribu untuk uang ngopi di kapal. Bukan uang bonus,” paparnya menambahkan.

Sebagai bentuk penghargaan kepada Farid, KONI Gresik juga menggratiskan pejalanan kapal atlet sepak takraw itu. KONI Gresik juga menugaskan salah satu pengurusnya, Gunadi, untuk membuat sambutan dengan mengadakan tumpengan dan tasyakuran di Pulau Bawean.

“Jadi, kami belum memberikan bonus atau uang pembinaan. Kami juga masih menunggu kedatangan Pak Bupati kunjungan kerja ke Pulau Bawean,” ungkapnya.

Anis menyebutkan, atlet peraih medali akan mendapatkan bonus dari pemerintah provinsi (Pemprov) maupun KONI Gresik sebagai bonus tambahan. Namun, ia belum menyebutkan nominal pasti yang akan diberikan kepada atlet peraih medali PON XX Papua.

Baca Juga  ODGJ di Gresik ini Tak Luput Dari Percepatan Vaksinasi Covid-19

“Kalau dari Pemprov Jatim peraih medali emas akan mendapatkan bonus antara Rp30-40 juta/medali emas yang didapatkan. Sebab, PON ini yang punya gawe provinsi. Tapi, fix-nya berapa kami masih menunggu, begitu juga untuk peraih medali perak, dan perunggu, kami juga belum tahu fix-nya berapa,” katanya.

Berdasarkan hasil rapat pengurus KONI Gresik, atlet peraih medali emas dakan mendapatkan bonus atau uang pembinaan masing-masing Rp5 juta per medali/orang, baik perorangan, maupun beregu.

“Jadi, kalau ada satu atlet perorangan mendapatkan satu medali emas maka dapat bonus Rp5 juta dari KONI Gresik. Atlet kita ada satu orang mendapatkan dua emas ya kita kasih bonus Rp10 juta atau masing-masing medali emas Rp5 juta. Begitu juga, untuk beregu, misal satu regu lima orang mendapatkan satu medali emas, maka masing-masing orang mendapatkan Rp5 juta bonusnya,” urai Anis.

Baca Juga  Kualitas Udara di Gresik Jadi Sorotan

Hal serupa juga berlaku untuk atlet peraih medali perak, satu medali perak KONI Gresik memberikan bonus Rp4,5 juta/orang, baik perorangan maupun beregu. Misal satu atlet (perorangan) mendapatkan satu medali perak, maka mendapatkan bonus Rp4,5 juta.

“Begitu juga kalau 1 medali perak itu didapatkan secara beregu, misal 4 orang, maka masing-masing mendapatkan bonus Rp4,5 juta,” ujarnya.

Kebijakan serupa juga berlaku bagi atlet peraih medali perunggu. Masing-masing atlet mendapatkan bonus kepada peraih medali perunggu Rp3,5 juta/orang, baik didapatkan perorangan maupun beregu.

dr. Anis menambahkan, bahwa kemampuan KONI dalam memberikan bonus PON Papua XX adalah bonus tambahan, karena PON adalah gawe provinsi.

“Kalau saat Porprov Jatim lalu, atlet KONI Gresik yang meraih medali emas kami kasih bonus Rp25 juta per atlet,” ucapnya.

Sumber: Bangsaonlie.com

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan