Terkena Serangan DDoS, Situs Ensiklopedia Wikipedia Dilaporkan Tumbang

photo/prm.ua

Pada hari Jumat kemarin (6/9), situs ensiklopedia bebas terkenal yang bernama Wikipedia dilaporkan tumbang beberapa jam di beberapa negara. Para pengguna melaporkan masalah tersebut di situs DownDetector.

Salah satu perwakilan Wikimedia Foundation di Jerman melalui akun Twitter resminya mengatakan bahwa tumbangnya situs Wikipedia tersebut adalah karena adanya serangan DDoS (Distributed Denial of Service) yang dilakukan oleh sekelompok hacker untuk membuat layanan Wikipedia menjadi terganggu.

DDoS sendiri adalah salah satu metode yang digunakan oleh hacker ketika ingin melumpuhkan sebuah website. Nantinya hacker tersebut akan menggunakan banyak perangkat untuk mengakses sebuah website secara bersamaan agar lalu lintas web di situs tersebut menjadi terganggu dan akhirnya tumbang.

Baca Juga  Kodir, Pemancing yang Viral karena Sendirian Menyelamatkan Puluhan Siswa SMPN 1 Turi

Bahkan para hacker tersebut juga bisa memanfaatkan tumbangnya website tersebut untuk masuk ke dalam sistem hosting web tersebut dan menanamkan sebuah backdoor sehingga hacker itu dapat mengambil alih seluruh website dan mengubah isinya.


Artikel ini telah tayang di Indozone.id dengan judul “Terkena Serangan DDoS, Situs Ensiklopedia Wikipedia Dilaporkan Tumbang”, https://www.indozone.id/tech/qEs16y/terkena-serangan-ddos-situs-ensiklopedia-wikipedia-dilaporkan-tumbang.

Berikan Komentar Anda