Thailand Didiskualifikasi dari Piala AFF 2020 karena Doping, Berikut Faktanya

Thailand Didiskualifikasi dari Piala AFF 2020 karena Doping, Berikut Faktanya
Foto: twitter

SPORTS – Persiapan Thailand untuk menghadapi leg 2 final Piala AFF 2020 kontra Indonesia mendapatkan sedikit gangguan. Tim Gajah Perang kabarnya terancam disiskualifikasi karena ada pemainnya yang menggunakan doping. Kabar ini terbukti hoax.

Thailand akan menghadapi Indonesia di National Stadium, Sabtu (1/1/2021) malam. Negeri Gajah Putih diambang jadi juara karena unggul 4-0 pada leg pertama.

Hanya saja, jelang duel itu, Thailand diterpa kabar kurang sedap. Beredar isu di media masa bahwa lima kali jawara Piala AFF itu berpotensi didiskualifikasi.

Beberapa akun media sosial dari Indonesia, salah satunya akun YouTube Gila Bola menyebut Thailand bisa saja didepak dari Piala AFF 2020. Ini lantaran salah satu pemainnya positif menggunakan stimulan atau doping untuk meningkatkan performa.

Baca Juga  Penerus Ronaldo, Eden Hazard Kenakan Kostum Nomor 7 Real Madrid

Namun, setelah diselidiki, ternyata ini hanya hoax. Dipercaya, kasus doping yang dimaksud di sini adalah hukuman yang dijatuhkan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Thailand.

Pada Oktober 2021 WADA menghukum Thailand karena gagal menjalankan instruksi secara maksimal perihal tes doping. Imbasnya, para delegasi maupun atletnya dilarang menggunakan bendera negara di sejumlah ajang internasional hingga waktu tertentu.

Sebenarnya bukan hanya Thailand yang menerima sanksi di atas, Indonesia dan Korea Utara juga mendapatkan hukuman serupa, juga karena kasus yang sama.

“Kabar burung Timnas Thailand terancam di diskualifikasi dari Piala AFF 2020 karena kasus doping itu hoax ya. Memang Thailand sedang kena sanksi dari WADA terkait doping tapi itu kasus kurang lebih sama kayak Indonesia (gugel aja), sanksinya dilarang mengibarkan bendera,” tulis akun Twitter @idextratime.

Baca Juga  Mulia… Demi Karyawan Klub, Pemain AS Roma Serta Pelatih dan Staffnya Rela Tak Digaji Empat Bulan

Dengan demikian, leg 2 final Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia tetap digelar sesuai jadwal. Artinya, skuad Garuda harus berjuang keras untuk membalik keadaan, yakni wajib menang dengan selisih lima gol.

Sumber: Sindonews.com

Berikan Komentar Anda
error: Content is protected !!