Yuk, Kunjungi 3 Pulau Jadi Primadona di Gresik

  • Share

Gresik  – dikenal sebagai salah satu pusat industri yang berada di Jawa Timur. Namun, siapa sangka jika menyandang julukan kota industri ini ternyata mempunyai tempat wisata yang menarik dan unik untuk dikunjungi.

Di Gresik terdapat banyak tempat wisata, dan yang banyak menarik pengunjung adalah wisata pulaunya. Ada banyak pulau dan pantai di Gresik, dan masih terjaga keindahan alamnya.

Salah satu pulau yang menjadi primadona Gresik adalah Pulau Bawean. Pulau ini mempunyai banyak tempat untuk berwisata dan mempunyai pantai-pantai indah dengan pasir berwarna putih.

Kali ini Liputan6.com akan mengulas wisata pulau yang ada di Gresik. Ingin tahu ada apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Pulau Bawean

Jika Bali mempunyai Pulau Dewata, maka Gresik punya Pulau Bawean yang indah dan menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Pulau Bawean terkenal mempunyai banyak spot untuk berwisata, antara lain penangkaran rusa, Pantai Gili, Danau Kastoba, Pantai Pulau Cina, Air Terjun Laccar.

Rusa yang ada di penangkaran ini disebut dengan Rusa Bawean dengan nama latin (Axis Kuhili). Rusa ini menjadi maskot saat Asian Games 2018, dan sudah terancam punah. Selain rusa, ada juga satwa endemik seperti babi kutil, babi bagong, dan babi jawa.

Pantai Gili di pulau ini mempunyai pasir berwarna putih dan terdapat penjual yang menjajakan hasil lautnya. Selain itu, ada juga Pantai Pulau Cina yang menyuguhkan pemandangan terumbu karang yang indah. Kemudian di Danau Kastoba terdapat pemandangan alam yang asri dengan pohon yang mengelilinginya.

Tak hanya itu, di Pulau Bawean juga terdapat air terjun. Air Terjun Laccar ini berada di kawasan Desa Kebun Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura.  Air terjun berlatar tebing ini mempunyai ketinggian 25 meter.

Pulau Bawean adalah pulau yang terkenal di Gresik. Jika sedang berada di Gresik, tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi pulau indah nan eksotis ini.

2. Pulau Cena

Jarang Diketahui, Ini 5 Spot Wisata Menarik di Pulau Bawean (sumber:Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik)
Jarang Diketahui, Ini 5 Spot Wisata Menarik di Pulau Bawean (sumber:Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik)

2. Pulau Cena

Selain Pulau Bawean, di Gresik juga terdapat pulau yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Pulau Cena. Pulau ini berlokasi tak jauh dari Pulau Bawean.

Pulau Cena berada 15 menit dari Pantai Jhembengan, Desa Teluk Jati Dawang, Kecamatan Tambak, Gresik. Pulau ini terkenal sebagai pulau yang memiliki kekayaan di bawah laut, yaitu terumbu karang yang memikat setiap mata yang memandangnya.

Air jernih menampilkan bermacam-macam terumbu karang cantik dari permukaan air. Namun, keindahannya dapat Anda nikmati dari dekat dengan cara menyelaminya.

Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim pernah mengunjungi Pulau Cena pada saat acara Festival Pulau Cena yang menampilkan parade Jhukong (5/10/2019). Jhukong adalah sebuah perahu kecil yang dijadikan sebagai ikon Bawean untuk nelayan mencari ikan di laut.

Dalam festival tersebut juga dilakukan pengukuhan Jhukong sebagai ikon nelayan di Pulau Bawean untuk dibawa ke UNESCO dengan maksud dipatenkan.

3. Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar adalah salah satu pulau yang berada di lingkungan Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Jika Anda mencai pulau dengan pantai berpasir putih di Gresik, maka Pulau Noko Selayar adalah tempatnya.

Mengutip dari disparbud.gresikkab.go.id, Pulau Noko Selayar ini ternyata tidak berpenghuni. Namun, keindahan alamnya seolah menenangkan. Dengan pasir pantai berwarna putih, air laut yang biru dan bening menjadikan pulau ini semakin memukau dan menjadi primadona.’

Tak hanya di darat, Pulau Noko Selayar juga memiliki keindahan yang disembunyikan di bawah laut, yaitu terumbu karang. Bunga-bunga karang yang indah dan ikan hias berwarna-warni membuat pulau ini mempunyai nuansa eksotis.

Ketika air laut sedang surut, jadi bisa berjalan kaki menikmati pemandangan di sekitar dan menunggu senja untuk melihat matahari terbenam yang sayang jika dilewatkan.

(Shafa Tasha Fadhila – Mahasiswa PNJ)

Berikan Komentar Anda
  • Share