5 Manfaat jus bayam untuk kesehatan

  • Share
5 Manfaat jus bayam untuk kesehatan

Bayam memang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya rasanya yang enak, bayam juga memiliki banyak nutrisi penting untuk tubuh. Apalagi bila rutin mengonsumsi jus bayam sebagai minuman menyehatkan.

Bayam mentah atau yang tidak diolah mengandung karoten, asam amino, zat besi, yodium, kalium dan magnesium, Vitamin A, C, K, E, dan B kompleks. Mineral yang ditemukan dalam sayuran ini bersifat basa dan membantu menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh kita.

Faktanya, kita akan mendapatkan jumlah protein yang sama dari sepotong bayam seperti yang didapatkan dari sepotong daging. Nah, salah satu cara ideal mengonsumsi bayam mentah adalah dengan membuat jus. Karena memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya.

1.Tinggi antioksidan

Minum jus bayam adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan antioksidan tubuh. Sebab, antioksidan dapat menetralkan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas, sehingga melindungi tubuh terhadap stres oksidatif dan penyakit kronis.

Secara khusus, bayam adalah sumber antioksidan lutein, beta karoten, asam coumaric, violaxanthin, dan asam ferulat yang baik. Menurut sebuah penelitian kecil, 16 hari pada 8 orang, minum 8 ons (240 mL) bayam setiap hari mencegah kerusakan oksidatif pada DNA.

Penelitian pada hewan mengungkapkan temuan serupa, manfaat bayam berkaitan dengan pencegahan stres oksidatif.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Bayam sarat dengan lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang diperlukan untuk menjaga penglihatan tetap sehat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia, atau kondisi umum yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan progresif. Sebuah tinjauan dari enam studi mengaitkan peningkatan asupan zeaxanthin dan lutein dengan risiko katarak yang lebih rendah, suatu kondisi mata yang mengaburkan dan mengaburkan lensa mata.

Terlebih lagi, bayam kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan mata kering dan kebutaan malam.

Meskipun jumlah yang tepat bervariasi berdasarkan pada berapa banyak air yang digunakan dan apakah menambahkan bahan-bahan lain, membuat jus dengan takaran 4 cangkir (120 gram) bayam mentah umumnya menghasilkan sekitar 1 cangkir (240 mL) jus.

Jus ini menyediakan hampir 63% kebutuhan harian vitamin A.

Berikan Komentar Anda
  • Share