5 Manfaat Kesehatan Susu Kunyit Asal India

  • Bagikan
Ilustrasi foto istimewa

HEALTH – Ada beberapa makanan dan minuman tertentu yang telah dipaksa orang tua untuk mengkonsumsinya sejak kecil.

Meskipun tidak menyukainya, orang tua tetap memaksa anaknya untuk minum atau makan makanan tersebut. Salah satu minuman yang populer sejak masa kecil adalah haldi wala doodh atau biasa disebut dengan susu kunyit.

Dilansir dari pinkvilla, Jumat (3/1), susu kunyit berasal dari india yang sudah ada sejak dulu. Siapa sangka, minuman susu kunyit saat ini sudah mendunia. Hal ini karena susu kunyit kaya manfaat dan baik bagi kesehatan tubuh. Susu kunyit disebut sebagai ‘jurus’ mengonsumsi kunyit yang tergolong baik bagi tubuh tapi memiliki rasa kurang nyaman di lidah. Berikut sejumlah manfaat susu kunyit yang baik bagi kesehatan.

Baca Juga  Pelaku Hoax Kasdim 0817 Gresik Tertangkap

1. Membantu peradangan Kunyit mengandung bahan aktif utama, yaitu Curcumin yang dapat membantu mengendalikan peradangan. Kandungan curcumin sangat bagus untuk penderita penyakit arthritis serta membantu meredakan nyeri pada sendi. Tidak hanya mengurangi penyakit, tetapi juga dapat mengurangi kelelahan.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Kunyit sangat bagus untuk jantung, memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, Susu kunyit juga mampu membantu program diet untuk melindungi masalah kesehatan pada jantung.

3. Membantu kadar gula darah Susu kunyit sangat baik untuk penderita diabetes. Akan tetapi, perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang tepat. Kemudian barulah konsumsi susu kunyit sesuai takaran yang dianjurkan dokter dan berilah sedikit kayu manis untuk membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga  Jelang May Day, Kapolres Gresik Bersama Bupati Jalin Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Dengan Ketua SP/SB

4. Baik untuk imunitas dan fungsi otak Kunyit mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Konsumsi susu kunyit juga mampu menyembuhkan pilek, gejala flu dan masalah kesehatan lainnya. Pelajaran lebih lanjut menunjukkan bahwa susu kunyit mampu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan ingatan.

5. Sumber antioksidan yang baik Curcumin dalam kunyit memiliki sifat antioksidan. Antioksidan dapat melindungi radikal bebas pada tubuh serta membantu melawan kerusakan sel.

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan