Air Nggak Bisa Kedaluwarsa Rek, iki Loh Arti Expiry Date di Kemasan Botol Air Mineral

Gresspedia – Meski nggak bisa kedaluwarsa, kita seringkali menemukan adanya expiry date pada air mineral kemasan yang biasanya tertera pada botol bagian atas.

Adanya expiry date pada minuman satu ini ternyata bukan dipakai untuk menggambarkan tanggal kedaluwarsa cairan di dalamnya, melainkan petunjuk dari masa pakai botol yang digunakan.

Dilansir dari Livescience, botol air mineral mengandung bahan kimia bernama polietilen terftalat atau polietilen densitas (untuk kemasan galon) yang akan tercampur dengan air pada saat di dalam kemasan.

Apabila sudah melewati tanggal kedaluwarsa yang tertera, air dalam kemasan biasanya akan mengalami perubahan rasa karena sudah tercampur bahan kimia, namun tetap bisa diminum walaupun nggak akan terasa sesegar biasanya.

Baca Juga  Ini Negara-negara Bebas Visa buat Paspor Indonesia

Uniknya, pencantuman tanggal kedaluwarsa pada botol ini sebenarnya lebih menguntungkan pihak produsen dibandingkan konsumen karena bisa dipakai sebagai pembelaan apabila produk mereka terasa nggak segar lagi ketika diminum.

Lalu, pencantuman tanggal kedaluwarsa pada botol air mineral sendiri dilakukan karena adanya aturan pemerintah yang mewajibkan produsen menyertakan keterangan kedaluwarsa di setiap produk konsumsi, entah makanan ataupun minuman.

Selain itu, keterangan yang memuat tanggal pembotolan dan informasi lain ini akan bermanfaat untuk pelacakan apabila terjadi kontaminasi tertentu, kesalahan, serta penarikan produk dari pasaran.

Jadi, sekarang udah tahu kan sob alesannya. Kalau kalian sendiri gimana, bakal tetep mau minum air mineral pada kemasan botol yang melewati tanggal kedaluwarsa nggak?

Berikan Komentar Anda