TECHNO  

Baru Cara Kirim Pesan Suara WhatsApp: Bisa Didengar Dulu

Baru Cara Kirim Pesan Suara WhatsApp: Bisa Didengar Dulu
Pesan Suara WhatsApp Bisa Didengar Sebelum Dikirimkan, Ini Caranya Foto: dok. Rawpixel

Techno – Pesan suara atau voice messages merupakan salah satu fitur WhatsApp yang paling banyak digunakan. Kini pengguna WhatsApp bisa mendengarkan pesan suara yang dibuat sebelum dikirimkan.


Fitur ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo pada bulan Mei lalu, dan kini baru diluncurkan setelah melalui masa uji coba beta. Saat ini fitur preview pesan suara WhatsApp sudah tersedia di semua platform, termasuk iOS, Android, web, dan desktop, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (16/12/2021).


Sebelum fitur ini disediakan langsung oleh WhatsApp, pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendengarkan kembali pesan suara yang dibuat sebelum dikirimkan. Setelah fitur ini tersedia, pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga  Semua Pengguna Instagram Kini Bisa Akses Fitur Guides

Cara mendengarkan pesan suara WhatsApp sebelum dikirimkan sebenarnya mudah saja, yaitu:

  • Buka aplikasi WhatsApp lalu pilih kontak atau grup yang ingin dikirimi pesan suara
  • Ketuk dan tahan ikon mikrofon yang ada di kolom input chat, lalu geser ke atas untuk mengaktifkan perekaman suara hands-free. Perlu dicatat bahwa fitur ini hanya bisa diaktifkan untuk perekaman suara hands-free
  • Mulai berbicara
  • Begitu selesai merekam pesan, ketuk ikon stop yang berbentuk kotak warna merah di dalam lingkaran
  • Ketuk ikon putar yang berbentuk segitiga untuk mendengarkan kembali rekaman suara. Kalian juga bisa ketuk bagian pesan suara tertentu untuk mendengarkannya kembali
  • Kalau isi pesan suara sudah sesuai, ketuk ikon kirim yang ada di sudut kanan bawah. Kalau masih kurang puas, kalian bisa menghapus rekamannya dengan mengetuk ikon hapus yang berbentuk tempat sampah di pojok kiri bawah.
Baca Juga  Instagram Ungkap Masalah Situs dan Aplikasi Down Hari Ini


Preview pesan suara adalah salah satu dari sekian fitur yang diluncurkan WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman mengirimkan pesan suara. Sebelumnya, WhatsApp sudah menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kecepatan playback pesan suara.

Selain itu, aplikasi milik Meta ini juga sedang mengembangkan fitur untuk pause dan resume rekaman pesan suara. Belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia untuk WhatsApp versi beta dan diiluncurkan untuk publik.

Sumber : Detikinet

Berikan Komentar Anda