HEALTH  

Cara Alami Untuk Membersihkan Paru-Paru Anda

Cara Alami Untuk Membersihkan Paru-Paru Anda
Foto: hellosehat.com

Teknik pembersihan paru-paru dapat bermanfaat bagi orang yang merokok, orang yang sering terpapar polusi udara, dan mereka yang memiliki kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik, dan cystic fibrosis.

Dilansir dari Medicalnews Today Menghirup polusi udara, asap rokok, dan racun lainnya dapat merusak paru-paru bahkan menyebabkan kondisi kesehatan. Menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara mengakibatkan 4,2 juta kematianSumber Tepercaya di seluruh dunia setiap tahun. Merokok adalah penyebab kematian bagi satu dari setiap lima orangSumber Tepercaya di Amerika Serikat.

Dalam artikel ini, kami membahas beberapa metode yang dapat digunakan orang untuk mencoba membersihkan paru-paru mereka.

Baca Juga  Seberapa Berbahaya Virus Corona di Balik 'Penyakit Misterius' di China?

Apakah mungkin untuk membersihkan paru-paru Anda?

Wanita dengan kepala di atas semangkuk air yang mengepul untuk membersihkan sinus
Menghirup uap adalah pengobatan yang populer untuk pilek dan batuk.

Kesehatan paru-paru sangat penting untuk kesehatan seseorang secara keseluruhan. Paru-paru adalah organ yang membersihkan diri sendiri yang akan mulai menyembuhkan dirinya sendiri setelah paparan polutannya berhenti, misalnya ketika seseorang berhenti merokok.

Setelah paru-paru terpapar polusi, seperti asap rokok, dada seseorang mungkin terasa penuh, sesak, atau meradang. Lendir berkumpul di paru-paru untuk menangkap mikroba dan patogen, yang berkontribusi pada perasaan berat ini.

Orang mungkin dapat menggunakan teknik khusus untuk membantu membersihkan paru-paru dari lendir dan iritasi untuk meredakan sesak dada dan gejala tidak nyaman lainnya.

Beberapa metode ini juga dapat membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan , yang dapat membantu mengurangi efek polusi dan asap di paru-paru.

Baca Juga  Peduli Tubuhmu: Tanda Tubuh Perlu Mendetoksifikasi Kenali Secara Alami

Cara untuk membersihkan paru-paru

Di bawah ini, kami melihat latihan pernapasan dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu menghilangkan kelebihan lendir dari paru-paru dan meningkatkan pernapasan.

1. Terapi uap

Terapi uap, atau inhalasi uap, melibatkan menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeluarkan lendir.

Orang dengan kondisi paru-paru mungkin melihat gejala mereka memburuk di udara dingin atau kering. Iklim ini dapat mengeringkan selaput lendir di saluran udara dan membatasi aliran darah.

Sebaliknya, uap menambah kehangatan dan kelembapan ke udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru-paru. Menghirup uap air dapat memberikan bantuan langsung dan membantu orang bernapas lebih mudah.

Baca Juga  Stop Penggunaan Plastik BPA Sekarang Juga, Demi Kesehatan Jangka Panjang

Sebuah penelitian kecil yang melibatkan 16 laki-laki dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), suatu kondisi paru-paru yang membuat lebih sulit untuk bernapas, menemukan bahwa terapi masker uap menyebabkan denyut jantung dan tingkat pernapasan secara signifikan lebih rendah daripada terapi non-masker.

Namun, para peserta tidak melaporkan perbaikan yang langgeng dalam fungsi pernapasan mereka.

Terapi ini mungkin merupakan solusi sementara yang efektif, namun peneliti perlu melakukan penelitian lebih lanjut sebelum memahami sepenuhnya manfaat terapi uap terhadap kesehatan paru-paru.

Baca Halaman Selanjutnya

Berikan Komentar Anda
error: Content is protected !!