Demi Perbaiki Lingkungan Negeri, Inggris Bakal Larang Peralatan Plastik Sekali Pakai

  • Share
Ilustrasi sampah plastik (dok.unsplash/ Nick Fewings)

Internasional – Belum lama ini pemerintah Inggris mengumumkan rencana larangan pemakaian peralatan plastik sekali pakai di Inggris. Upaya ini sebagai bagian dari RUU Lingkungan yang bertujuan untuk mengatasi polusi plastik.

Berdasarkan laporan yang diterima dari New York Post pada Selasa (31/8/2021), RUU pelarangan plastik sekali pakai telah mendapatkan amandemen baru sejak pengesahan terakhirnya melalui Parlemen pada Mei.

RUU itu bertujuan untuk membersihkan udara negara tersebut, memulihkan habitat alami, dan meningkatkan keanekaragaman hayati.

Oleh sebab itu, salah satu ketentuannya haruslah mengurangi sampah, termasuk sampah plastik dengan menghilangkan penggunaan garpu, pisau, dan sendok plastik sekali pakai. Meskipun menurut para aktivis langkah ini dinilai masih kurang.

Baca Juga  Virus Corona Kian Ganas, Makau Tutup Semua Kasino

“Pemerintah sudah seharusnya menanggapi masalah ini lebih serius. Krisis plastik telah ada di depan mata dan harus kita atasi bersama sesegera mungkin. Krisis lingkungan ini benar-benar nyata. Lautan kita diselimuti plastik yang membunuh kehidupan di laut. Plastik merusak ekosistem kita dan mengancam kesehatan manusia,” kata Jo Morely dari kelompok kampanye City to Sea.

Di samping itu, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara turut menyampaikan pula rencana larangan plastik. Laporan dari BBC, Uni Eropa ikut menambahkan larangan serupa pada Juli.

Sumber : Liputan6.com

Berikan Komentar Anda
  • Share