TECHNO  

Dianggap Bug, Facebook Salah Blokir Ratusan Artikel Soal Corona

Facebook dilaporkan memblokir pengguna untuk memposting beberapa artikel berita tentang virus corona. Padahal, artikel tersebut datang dari media yang kredibel dan memuat berita benar.

Hal ini, dilaporkan Business Insider, nampaknya adalah bug dalam filter spam Facebook.

Kasus ini pertama kali dilaporkan Selasa (17/3), ketika beberapa pengguna facebook mengeluh di Twitter karena mereka tak dapat memposting artikel berita dari beberapa sumber seperti BuzzFeed, Business Insider, dan The Atlantic.

Dalam menghadapi pandemi corona, Facebook sendiri telah mengkoordinasikan moderator kontennya untuk bekerja dari rumah. Nampaknya, kesalahan ini muncul dari kecerdasan buatan dan softwarenya yang memoderasi konten dari pengguna dengan memblokir.

Hal ini diungkap oleh Alex Stamos, mantan eksekutif keamanan Facebook, di mana ia berpekulasi bahwa perubahan dari bekerja di kantor, lalu harus bekerja di rumah, membuat beberapa software automasi yang diandalkan.

Baca Juga  Polres Gresik Maksimalkan Medsos Edukasi Mekanisme Layanan SIM

Ujung-ujungnya, bug melanda karena moderasi konten bukan pekerjaan yang bisa dibawa ke rumah. Hal ini, dikarenakan adanya kebijakan privasi.

“Sepertinya aturan anti-spam di FB sedabf kacau,” tulis Alex di Twitter.

“Facebook mempekerjakan moderator konten dari rumah kemarin, yang umumnya tidak bisa WFH, karena komitmen privacsi yang telah dibuat perusahaan, Kita mungkin sedang melihat (hasil kerja dari) pembelajaran mesin,” tambahnya.

Facebook sendiri, menyebut bahwa ini hanya bug. Raksasa jejaring sosial ini menolak jika hal ini terjadi karena perubahan kinerja dari moderator.

“Kami sedang memperbaiki ini – ini adalah bug dalam sistem anti-spam, dan tidak terkait dengan perubahan apapun dalam tenaga kerja moderator konten kami,” ungkap wakil presiden integritas Facebook, Guy Rosen.

Baca Juga  Udah Pada Tahu Belum? Arti Kata Bestie

“Kami sedang dalam proses memperbaiki dan mengembalikan semua posting ini,” tutupnya.

.

source: detikcom

Berikan Komentar Anda