Fitur Pesan Terhapus Otomatis WhatsApp Hanya Tersedia di Grup?

  • Bagikan
KOMPAS.com/Bill Clinten
ilustrasi logo WhatsApp Messenger.

WhatsApp sebelumya dirumorkan bakal merilis fitur pesan yang bisa terhapus sendiri. Namun bocoran terbaru menyebut fitur itu bukan untuk percakapan personal, melainkan untuk percakapan dalam grup.

Rumor ini berdasar screenshot yang diposting oleh akun pembocor fitur-fitur WhatsApp, WABetainfo, dari software beta iOS 2.20.10.23/24.

Dalam screenshot di perangkat iOS tersebut, menu Delete Message kini hanya dijumpai di grup percakapan saja. WhatsApp nampaknya bakal menjadikan fitur penghapus pesan ini sebagai alat untuk “bersih-bersih” memori ponsel.

Seperti diketahui dari bocoran sebelumnya, pesan yang terhapus otomatis bukan hanya berlaku untuk teks saja, melainkan juga foto atau video.

“Grup biasanya memiliki banyak pesan dan fitur ini dapat membantu menghemat penyimpanan ponsel pengguna, menghapus pesan-pesan lama secara otomatis,” tulis WAbetainfo, dihimpun KompasTekno Senin (6/1/2020).

Baca Juga  Cara Amankan WhatsApp jika Ponsel Hilang atau Dicuri
Fitur penghapus pesan otomatis whatsapp yang masih dalam pengembangan

Dengan begitu, fitur ini diharapkan dapat membantu pengguna untuk menghapus semua jenis teks, foto, video, dan dokumen di WhatsApp.

Pesan teks di grup bisa diatur bisa menghilang dalam kurun waktu tertentu, apakah setelah satu jam, satu hari, satu minggu, satu bulan atau satu tahun.

Jika fitur ini benar cara kerjanya adalah demikian, maka pengguna harus menyimpancadangkan (backup) pesan-pesan yang ‘penting’ secara mandiri, bisa melalui iCloud atau Google Drive.

Meski demikian, rencana penambahan fitur penghapus pesan otomatis ini masih berupa beta dan dapat berubah.

WhatsApp bisa jadi mengaktifkan fitur tersebut atau bisa malah membatalkannya, demi opsi “Ruang Bebas” untuk penggunanya.

Sebelumnya, whatsApp berencana untuk menciptakan fitur penghapus pesan otomatis untuk percakapan individual dan pesan grup.

Baca Juga  10 Penelusuran Trending di Google Indonesia Selama 2019

Awalnya, nama fitur ini adalah Disappearing Message atau jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi “pesan menghilang”.

Tetapi WhatsApp masih belum menjelaskan mengapa mengganti nama fitur tersebut menjadi Delete Message atau “hapus pesan”.

Dengan adanya fitur pesan yang dapat terhapus secara otomatis, maka diharapkan pengguna akan bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas.

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan