Kerjasama BPN Gresik dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik Dalam Legalisasi Asset Tanah Masyarakat

  • Bagikan
Kerjasama BPN Gresik dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik Dalam Legalisasi Asset Tanah Masyarakat
Gel 3 KKN UMG di Desa Sukorejo, Desa Sungonlegowo dan Desa Indrodelik – Bungah pada saat survey dan pengumpulan data PTSL kepada warga

Gresik – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Gresik mengadakan KKN Khusus bagi mahasiswanya bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gresik melakukan Kegiatan Pengumpulan Data Yuridis pada Kecamatan Bungah dan . Kegiatan KKN ini dilakukan selama 14 hari, dari tanggal 19 Agustus – 04 September 2021 dengan program kerja tunggal

“Legalisasi asset tanah milik masyarakat yang berkepastian hukum melalui kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)” diikuti oleh 31 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik yang disebar pada tiga desa yakni Desa Sukorejo, Desa Sungonlegowo dan Desa Indrodelik.

Tim ini didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan dan pendamping dari BPN pada tiap-tiap desa.

Baca Juga  Bea Cukai Gresik Sita Minuman Keras Ilegal

Program PTSL sendiri merupakan program sertifikat gratis yang dibentuk pemerintah dalam uapaya memberi solusi terkait masalah sengketa tanah dan lahan yang masih sering terjadi. Program ini diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) No.2 Tahun 2018 dan telah berjalan sejak 2018 serta diproyeksikan akan berlangsung sampai dengan tahun 2025.

Dalam kegiatan KKN Khusus ini, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik akan terjun langsung untuk membantu BPN dalam mengumpulkan data-data warga yang akan membuat sertifikat tanah sebagai bentuk dari perwujudan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yakni berkegiatan ke masyarakat.

“Program KKN Khusus bekerja sama dengan BPN selain dapat memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam interaksi sosial dengan masyarakat juga dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap pentingnya legilisasi kepemilikan asset”, ujar Yanuar Pandu Negoro S.T., MLog., SCM. Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
Kegiatan KKN di Kecamatan Bungah merupakan kegiatan tahap ke 3 yang bekerjasama dengan BPN.

Baca Juga  Polres Gresik Bantu Fasilitasi Bakti Sosial Operasi Katarak dan Bibir Sumbing

Pada kesempatan ini mahasiswa di Desa Sukorejo melaksanakan kegiatan berupa proses pemberkasan dan juga pengukuran tanah ataupun sawah bagi masyarakat yang bersedia mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), serta melakukan penginputan data masyarakat ke Microsoft Excel sebagai arsip desa dan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan