Pesawat Boeing 757 Tergelincir di Kosta Rika Sampai Ekor Terlepas

Pesawat Boeing 757 Tergelincir di Kosta Rika Sampai Ekor Terlepas
Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi sebuah pesawat kargo Boeing 757-200 oleh DHL melakukan pendaratan darurat | REUTERS/ Mayela Lopez

Internasional – Pesawat kargo Boeing 757-200 tergelincir saat melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Juan Santamaria Kosta Rika, pada Kamis (7/4/2022).

Pesawat yang dioperasikan oleh perusahaan DHL itu sampai terbelah dua usai tergelincir. Bagian ekor pesawat terlepas karena benturan dengan jalur pendaratan di landasan.

Melansir dari Reuters, operator bandara Aeris mengatakan bandara, di pinggiran ibu kota San Jose, dibuka kembali pada pukul 15:30 waktu setempat, beberapa jam lebih awal dari yang diperkirakan setelah insiden pukul 10 pagi.

Sekitar 8.500 penumpang dan 57 penerbangan komersial dan kargo terkena dampak penutupan tersebut, kata Aeris.

DHL, bagian dari Deutsche Post AG (DPWGn.DE) , mengatakan kru tidak terluka dan satu anggota sedang menjalani pemeriksaan medis sebagai tindakan pencegahan.

Baca Juga  Rusia Klaim Lumpuhkan 74 Fasilitas Militer Ukraina

Pesawat itu menuju Guatemala ketika tampaknya mengalami kegagalan dalam sistem hidrolik, kata Luis Miranda Munoz, wakil direktur otoritas penerbangan sipil Kosta Rika. Masalah tersebut mendorong pilot untuk meminta pendaratan darurat tak lama setelah lepas landas, katanya.

Seorang juru bicara Boeing Co (BA.N) mengatakan akan menunda pertanyaan kepada pihak berwenang yang menyelidiki.

“Tim respons insiden DHL telah diaktifkan dan penyelidikan akan dilakukan dengan otoritas terkait untuk menentukan apa yang terjadi,” kata DHL.

Aeris awalnya memperkirakan bandara akan tetap ditutup hingga pukul 18:00 waktu setempat, yang akan berdampak pada tiga penerbangan kargo dan 32 penerbangan komersial ke dan dari Amerika Serikat, Amerika Tengah, Meksiko, Kanada, dan Eropa.

Berikan Komentar Anda