Apa sih NFT itu? Aset Digital Yang Tengah Ramai di Medsos

Sebenarnya Apa sih NFT itu? Aset Digital Yang Tengah Ramai di Medsos
Image by Freepik

Techno – NFT merupakan singkatan dari Non-Fungible Token, NFT adalah aset digital yang satu-satunya yang hanya dimiliki oleh Anda.

Sebagian besar NFT menggunakan teknologi blockchain ethereum untuk merekam transaksi di dalamnya dan diperdagangkan memakai ether (ETH) koin buatan Ethereum. NFT mewakili barang berharga dengan nilai yang tak bisa ditukar atau digantikan.

Barang yang bisa dijual dengan bentuk NFT bisa berupa karya seni seperti aset game, foto, video, musik dan lain-lainnya. Anda juga bisa mengubah aset dokumen menjadi NFT.

NFT menjadi platform baru untuk media koleksi digital. Di mana NFT bisa menjadi sarana untuk mendukung para seniman seperti artis, musisi dan atlet. NFT menawarkan imbalan besar bagi para seniman, musisi, kreator dan influencer dari investor yang bersedia untuk membayar aset NFT mereka.

Baca Juga  4 Kebiasaan Makan yang Bisa Bantu Cegah Penyakit Asam Lambung

Melalui teknologi ini, setiap aset digital, maupun itu dalam bentuk karya seni, musik, buku, atau bahkan sebuah Postingan, bisa diubah menjadi NFT, yang juga berfungsi sebagai sertifikat kepemilikan. Hal tersebut membuat NFT sangat berharga.

Aset NFT tidak memiliki kesamaan nilai tukar. Tiap NFT memiliki tanda tangan digital di mana tidak memungkinkan adanya pertukaran dengan NFT lainnya. Yang berarti, satu NFT tidak memiliki nilai yang sama dengan NFT lainnya.

Perlu Grestizen ketahui aset NFT dibuat hanya satu kali dan tidak bisa ditukar atau diperdagangkan dengan NFT lainnya. Kepemilikan NFT bersifat mutlak di mana yang memilikinya mempunyai hak milik secara penuh.

Lantas Bagaimana Jual Beli NFT terjadi?

Baca Juga  Apa Sebenarnya Mata Uang China, Yuan atau Renminbi?

Banyak marketplace yang menjual NFT. Pasar digital ini biasanya menawarkan NFT dalam berbagai bentuk.

Sesuai platform, Anda bisa menggunakan aset kripto untuk membeli NFT. Misalnya, seperti CryptoPunks, Rarible, atau OpenSea yang hanya menerima pembayaran dengan Dollar dan ETH.

Berikan Komentar Anda