Ternyata Iniloh, Handphone Pertama di Dunia

  • Bagikan
Ternyata Iniloh, Handphone Pertama di Dunia
Martin Cooper. © Juliapetit.com

Pengetahuan – Telepon genggam atau telepon seluler (ponsel) atau handphone (HP) adalah perangkat telekomunikasi nirkabel.

Handphone (HP) kini menjadi barang yang tak lepas dari aktivitas manusia sehari-hari. Kehadirannya yang mempermudah manusia berkomunikasi, juga membuat semuanya serba praktis dengan bantuan teknologi yang semakin canggih.

Tahukah Grestizen HP pertama yang ada di dunia?

Motorola DynaTAC Merupakan HP Pertama di Dunia

Ternyata Iniloh, Handphone Pertama di Dunia
Motorola DynaTac

Handphone sendiri pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973.

Sebelumnya, disebutkan bahwa penemu handphone adalah tim dari salah satu divisi Motorola yang merupakan divisi tempat Cooper bekerja. HP pertama yang diciptakan oleh Cooper adalah Motorola DynaTAC.

Baca Juga  Hutan Amazon Bukan Paru-paru Dunia, Ini Penjelasan Pakar

Ide penciptaan telepon seluler (ponsel) atau handphone (HP) awalnya berawal dari keinginan seseorang bernama Martin Cooper.

Ia ingin menciptakan alat komunikasi yang bisa dibawa kemana-mana secara fleksibel sehingga Cooper mulai menggarapnya bersama timnya.

Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Namun, akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan bobot dua kilogram.

Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan USD 1 juta atau setara Rp 14,3 miliar.

Akhirnya, pada 21 September 1983 handphone pertama lahir dengan berat sekitar 2kg. Saat itu, perangkat komunikasi tersebut dijual dengan harga USD 3,995 dolar atau setara dengan Rp 39 juta.

Baca Juga  Tokoh Nyata yang Menginspirasi Serial Kartun Popeye

HP generasi pertama disebut juga 1G. 1G merupakan telepon genggam pertama yang yang diperkenalkan oleh Martin Cooper dari Motorola Corp pada 3 April 1973. Penemuan inilah yang telah mengubah dunia selamanya.

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan