5 Kesalahan Mencairkan Frozen Food, Pahami Biar Tidak Salah Olah

  • Share
5 Kesalahan Mencairkan Frozen Food, Pahami Biar Tidak Salah Olah
ilustrasi makanan beku atau frozen food.(shutterstock/BravissimoS)

Gresik Foodies – Makanan beku atau frozen food sering kali ada di kulkas rumah. Hal itu karena makanan beku mudah dan praktis diolah oleh siapa saja.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya, kesalahan umum saat mencairkan frozen food.

Melansir dari laman The Kitchn dan Life Hack, ada beberapa kesalahan saat mencairkan makanan beku. Ketahui dan hindari agar tidak salah mempersiapkan frozen food di rumah.

1.Mencairkan frozen food di suhu ruangan

Kalau kamu sering mencairkan frozen food di suhu ruangan. Hal ini bisa membuat bahan makanan tersebut lebih cepat dan memiliki risiko sebagai tempat berkembangbiakan mikroba.

Sebaiknya, cairkan frozen food di bawah air dingin yang mengalir atau mencairkan bahan makanan tersebut di dalam microwave.

Baca Juga  Perbedaan Matcha dan Green Tea, 2 Jenis Teh yang Sering Dianggap Sama

2.Mencairkan makanan beku dengan air hangat

Saat merasa terburu-buru untuk mengolah bahan makanan beku, beberapa orang sering kali memilih untuk mencairkannya dengan air hangat.

Namun, merendam frozen food setengah beku justru bisa membuatnya dalam zona yang berbahaya. Sebaiknya gunakan mangkuk besar berisikan air dingin dan rendam makanan tersebut di dalam kantong ziplock.

Periksa setiap 30 menit dan tambahkan air dengan suhu dingin, jika suhu air naik terlalu tinggi.

3.Mencairkan semua frozen food dalam microwave

Pemanasan makanan dalam microwave yang tidak merata bisa menyebabkan makanan tersebut tidak cukup hangat.

Oleh karena itu, lakukan pencairan frozen food dalam jumlah sedikit demi sedikit. Hal ini agar makanan matang secara merata. Masak makanan pada suhu yang aman saat berada di microwave.

Baca Juga  Tomat Itu Buah Atau Sayuran Hayo? Simak Penjelasannya

4.Mencairkan ikan terlebih dahulu

Mencairkan ikan saat masih beku bisa membuat teksturnya menjadi lembek dan hambar. Ada teknik memasak ikan dari beku yang bisa menghasilkan rasa dan tekstur ikan yang lezat.

5.Memasukkan makanan beku ke dalam minyak panas

Langsung memasukkan frozen food ke dalam minyak panas adalah ide yang buruk. Air beku dan minyak bisa menghasilkan percikkan yang panas.

Rendam makanan beku ke dalam air dingin dan tunggu hingga kristal esnya berkurang. Setelah itu, goreng dalam minyak panas hingga matang.

Sumber artikel: Kompas.com

Berikan Komentar Anda
  • Share