Bumi Perkemahan dan Pusdiklatda Akan Dibangun di Gresik

  • Bagikan
Agenda pelantikan Ketua Mabida Gerakan Pramuka Jatim oleh Ketua Kwarnas, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. (Niam Kurniawan/klikjatim.com)

Surabaya – Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, resmi menandatangani naskah komitmen pembangunan Bumi Perkemahan (Buper) sekaligus Pusat Pendidikan dan Pusat Pelatihan Daerah (Pusdiklatda) Gerakan Pramuka Jatim. Lokasinya direncanakan ada di wilayah Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik.

Penandatanganan itu disaksikan langsung oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Bersamaan dengan agenda pelantikan Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jatim masa bakti 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (9/8/2019).

Terkait rencana pembangunan Buper dan Pusdiklatda, Khofifah mengaku sudah melihat lokasinya bersama Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto. Total luasannya sekitar 70 hektar. “Kebetulan ada lahan di Cerme,” ujar Khofifah.

Baca Juga  Selamat Ulang Tahun Pemkab Gresik ke 46 dan Hari Jadi Kota Gresik ke 533

Menurutnya, gerakan pramuka sangatlah penting. Di antaranya bisa menjadi pionir potensial bangsa dalam mengembangkan karakter pemimpin. “Pramuka juga mampu mencetak seorang enterpreneur yang kreatif dan inovatif,” imbuhnya.

Sementara itu, Buwas–sapaan Budi Waseso–menuturkan, gerakan pramuka merupakan lembaga pendidikan non formal. Sehingga menjadi pelengkap pendidikan nasional, yang mengkonstruk pendidikan karakter bagi pemuda-pemudi di Indonesia.

Materi ini sesuai dengan nilai yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma yang digali dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, serta identik dengan nilai universal yang berlaku di seluruh dunia,” paparnya.

Dia pun mengapresiasi dan mendukung upaya Pemprov Jatim dan Mabida Jatim, yang akan membangun Buper serta Pusdiklatda Jatim tersebut. Harapannya, bangunan itu nanti mampu menjadi wadah atau tempat dalam melahirkan kader-kader pelatih dan pembina pramuka. (nk/hen)

akbp arief fitrianto akbp kusworo wibowo akbp mochamad nur azis berita gresik berita jawa timur bupati gresik covid-19 gresik driyorejo edukasi Gresik gresik ensiklopedia gresik foodies gresik hari ini gresik news gus yani health info gresik info kesehatan informasi gresik internasional jadwal sim keliling gresik jadwal sim keliling satlantas gresik kabupaten gresik kapolres gresik kapolri kesehatan nasional pemkab gresik pengetahuan polisi gresik polres gresik polres gresik berteman Polres Gresik Resik Polri satlantas gresik satlantas polres gresik sepak bola sim keliling gresik techno techno gresik tips dan trik vaksinasi covid-19 gresik viral virus corona virus corona gresik

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan