Cara Membersihkan Kerak Kapur di Bak Cuci Piring

  • Bagikan
Cara Membersihkan Kerak Kapur di Bak Cuci Piring
Credit Gambar: Devenorr/iStock/GettyImages

Tips&Trik – Ruang dapur yang sering digunakan untuk aktifitas adalah wastafel atau bak cuci piring (BCP) yang biasanya berbahan stainless steel ataupun alumunium.

Bak cuci piring ini sering banget terkena kotoran sisa dari memasak, oleh karena itu kebersihannya harus selalu dijaga. Sebaiknya tempat cuci piring dibersihkan tiap kali dipakai.

Gresspedia melansir Hunker.com Kerak kapur adalah endapan kapur keras yang sebagian besar terdiri dari kalsium karbonat, dan dapat membuat peralatan aluminium dan permukaan kamar mandi lainnya terlihat tidak bersih.

Kerak kapur disebabkan oleh air yang keras dan dapat menumpuk dengan cepat. Ini juga dapat muncul sebagai warna putih kapur, abu-abu, merah muda, merah atau coklat, tergantung pada mineral yang ada.

Membersihkan BCP Aluminium ataupun Stainless Steel Untuk pembersihan sehari-hari, gunakan air hangat, sabun cuci piring, dan spons untuk membersihkan BCP Anda. Aluminium adalah logam lunak, jadi hindari menggunakan bantalan atau sikat abrasif. Bahan abrasif dapat menyebabkan goresan dan kerusakan.

Untuk membersihkan lebih dalam dan noda membandel, mulailah membersihkan dengan sabun cuci piring dan bilas hingga bersih. Bob Vila menyarankan untuk memotong lemon menjadi dua.

Baca Juga  Musim Hujan Banyak Lalat? Usir dengan 7 Cara Alami Ini

Celupkan setengah lemon ke dalam garam meja. Gosok permukaan wastafel dengan lemon sampai Anda melihat aluminium menjadi lebih bersinar. Bilas wastafel dengan baik dengan air dan kain. Keringkan dengan handuk atau lap bersih. Metode alami ini akan mengembalikan kecerahan wastafel aluminium Anda.

Membersihkan Keran BCP dengan Produk Rumah Tangga

Anda dapat membersihkan keran BCP yang tertutup kerak kapur menggunakan cuka saja.

How To Clean Stuff menyarankan untuk menjenuhkan handuk kertas atau lap kain dengan cuka . Bungkus handuk di sekitar keran dan kencangkan dengan karet gelang atau jepit rambut. Biarkan di keran selama satu jam agar benar-benar meresap. Lap keran hingga bersih dengan kain lembut. Limescale akan langsung hilang, dan Keran Anda akan berubah dari kusam menjadi mengkilap dengan pendekatan alami ini.

Buat pasta soda kue untuk menghilangkan lapisan kapur yang menempel. Campurkan 3 bagian soda kue dengan 1 bagian air. Campur bersama sampai jadi pasta seperti konsistensi terbentuk. Letakkan pasta ke keran. Biarkan selama sekitar satu jam. Lap bersih dan perhatikan slide limescale langsung.

Baca Juga  Hilangkan Bau Sepatu dengan Cara ini

Menghilangkan Penumpukan Kalsium di Panci dan Wajan

Jika Anda memiliki noda air keras pada panci dan wajan, Anda dapat dengan mudah menghilangkannya dengan beberapa produk rumah tangga. Mulailah dengan mencuci panci dan wajan dengan sabun cuci piring ringan dan air hangat untuk menghilangkan lemak atau noda makanan. Isi panci dengan air, tetapi biarkan beberapa inci kosong untuk direbus. Bob Vila menyarankan menggunakan rasio untuk setiap liter campuran air dalam 2 sendok makan jus lemon, krim tartar atau cuka putih. Zat asam membantu memecah kalsium dan noda air keras.

Rebus air, lalu biarkan mendidih selama kurang lebih 15 menit. Bagian dalam panci akan terlihat lebih bersih dan berkilau saat air mendidih. Setelah air mendingin, tuangkan. Gosok bagian dalam pot dengan lembut dengan spons atau bantalan gosok anti gores. Jangan gunakan bahan abrasif karena dapat merusak pot dan menyebabkan goresan. Bilas dengan air dan keringkan dengan lap bersih.

Baca Juga  Mengenal Ular Kawat, Spesies Ular Kecil yang Mirip Cacing

Jika ada penumpukan kalsium dalam pot di bagian luar pot, Anda bisa menggunakan semir logam non-abrasif. Baca label untuk memastikannya kompatibel dengan panci dan wajan Anda. Untuk versi buatan sendiri, Anda dapat menggunakan metode lemon dan garam yang disebutkan di atas untuk membersihkan wastafel ataupun BCP alumunium. Jangan gunakan cara ini untuk panci dan wajan besi cor, karena ini melibatkan asam yang dapat menyebabkan kerusakan.

Anda juga dapat menggunakan beberapa pembersih komersial untuk membersihkan aluminium. CLR adalah pembersih komersial yang merupakan singkatan dari calcium, lime and rust remover. Sangat bagus untuk membersihkan banyak permukaan, tetapi CLR pada aluminium tidak disarankan. Sebagai gantinya, cobalah semir logam nonabrasif.

Sumber: Hunker.com

Berikan Komentar Anda
  • Bagikan